Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Dengan Penggunaan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kedunggalar Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui efektifitas penggunaan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya guling perut(straddle) pada siswa kelas XI SMA Negeri Kedunggalar tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Intack Group dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri Kedunggalar tahun ajaran 2020-2021 berjumlah 31 siswa. Data hasil belajar lompat tinggi gaya guling perut(straddle) diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran teknik dasar lompat tinggi gaya guling perut(straddle) melalui penggunaan alat bantu pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Peningkatan hasil belajar yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor dari 32 % pada kondisi awal, mengalami peningkatan menjadi 74 % pada akhir siklus I. Selanjutnya meningkat menjadi 84 % pada akhir siklus II. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa kelas XI SMA Negeri Kedunggalar dalam upaya meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya guling perut(straddle) menggunakan alat bantu pembelajaran berupa bilah, kardus, dan balok tumpu dan karet ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya guling perut(straddle) pada siswa kelas XI SMA Negeri Kedunggalar tahun ajaran 2020/2021.
Copyright (c) 2021 Khozin Asrori, Aba Sandi Prayoga, Andy Widhiya Bayu Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Journal Active of Sports (JAS) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
-
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
-
Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
-
Open Data Commons Public Domain Dedication and Licence, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/