Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Lompat Jauh Dengan Menggunakan Alat Bantu Kotak Kardus Dan Tali Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas VII SMP Negeri Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021

  • Arif Widyanto STKIP Modern Ngawi
  • Aba Sandi Prayoga
  • Arief Nur Wahyudi
Keywords: Lompat Jauh, , Kotak Kardus, Pembelajaran Lompat Jauh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan alat bantu tali dan kotak kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara menggunakan alat bantu tali dan kotak kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 141 siswa yang terbagi dalam delapan kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proposional random sampling, dengan mengambil 30% dari jumlah populasi tiap kelasnya, sehingga besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan alat bantu tali dan kotak kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021, (thitung 4.603 > ttabel 5% 2.262). (2) Pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan alat bantu kotak kardus lebih baik pengaruhnya  dari pada pembelajaran dengan menggunakan alat bantu tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021. Kelompok 1 (kelompok yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan alat bantu tali) memiliki persentasi peningkatan 11.94% lebih kecil dari pada kelompok 2 (kelompok yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan alat bantu kotak kardus)  yaitu sebesar 20.42%.

Published
2021-09-17

Most read articles by the same author(s)