Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Lompat Jauh Dengan Menggunakan Alat Bantu Kotak Kardus Dan Tali Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas VII SMP Negeri Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan alat bantu tali dan kotak kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara menggunakan alat bantu tali dan kotak kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 141 siswa yang terbagi dalam delapan kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proposional random sampling, dengan mengambil 30% dari jumlah populasi tiap kelasnya, sehingga besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan alat bantu tali dan kotak kardus terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021, (thitung 4.603 > ttabel 5% 2.262). (2) Pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan alat bantu kotak kardus lebih baik pengaruhnya dari pada pembelajaran dengan menggunakan alat bantu tali terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sine Ngawi Tahun Pelajaran 2020/2021. Kelompok 1 (kelompok yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan alat bantu tali) memiliki persentasi peningkatan 11.94% lebih kecil dari pada kelompok 2 (kelompok yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan alat bantu kotak kardus) yaitu sebesar 20.42%.
Copyright (c) 2021 Arif Widyanto, Aba Sandi Prayoga, Arief Nur Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Journal Active of Sports (JAS) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licensing for Data Publication
-
Open Data Commons Attribution License, http://www.opendatacommons.org/licenses/by/1.0/ (default)
-
Creative Commons CC-Zero Waiver, http://creativecommons.org/publicdomain/zero/1.0/
-
Open Data Commons Public Domain Dedication and Licence, http://www.opendatacommons.org/licenses/pddl/1-0/