Pengaruh Penggunaan Buku "Pencegahan Dan Perawatan Cedera Dasar" Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Olahraga

  • Andy Widhiya Bayu Utomo STKIP Modern Ngawi
  • Danang Prama Dhani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Irvansyah STKIP Modern Ngawi
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi
Keywords: Pencegahan cedera, perawatan cedera, buku pembelajaran, pendidikan olahraga, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan buku "Pencegahan dan Perawatan Cedera Dasar" terhadap peningkatan pemahaman mahasiswa olahraga mengenai pencegahan dan perawatan cedera. Penelitian dilakukan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan STKIP Modern Ngawi, dengan melibatkan 100 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan buku tersebut dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan buku mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka mengenai pencegahan dan perawatan cedera, dengan skor posttest rata-rata meningkat sebesar 16,36 poin (p = 0,000). Sebaliknya, kelompok kontrol hanya menunjukkan peningkatan kecil yang tidak signifikan (p = 0,215). Analisis regresi juga menunjukkan bahwa frekuensi pembelajaran dan keterlibatan aktif mahasiswa dengan materi buku berperan penting dalam meningkatkan pemahaman. Kesimpulannya, penggunaan buku "Pencegahan dan Perawatan Cedera Dasar" terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai pencegahan dan perawatan cedera olahraga. Penelitian ini menyarankan agar buku tersebut diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan olahraga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemahaman mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aykal, G., Kartal, K., Yıldız, G., & Elli̇dağ, H. (2025). building a sustainable laboratory culture: the power of awareness and strategic training programs. Clinical Biochemistry, 137, 110924. https://doi.org/10.1016/j.clinbiochem.2025.110924
Rohmah, M. and Hidayat, M. (2022). the effectiveness of media games books and big books on the learning outcomes of indonesia language for elementary school students. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 340-348. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.51216
Finch, C. (2011). no longer lost in translation: the art and science of sports injury prevention implementation research. British Journal of sports Medicine, 45(16), 1253-1257. https://doi.org/10.1136/bjsports-2011-090230
Paseleng, M. and Laoli, W. (2019). higher education students’ attitude involving cognitive process in using social media.. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.38
Ma, S. (2024). revolutionizing sports education: harnessing innovations and technology for enhanced learning. Lecture Notes in education Psychology and Public Media, 53(1), 7-12. https://doi.org/10.54254/2753-7048/53/20240012
Penney, D., Clarke, G., & Kinchin, G. (2002). developing physical education as a 'connective specialism': is sport education the answer?. sport education and Society, 7(1), 55-64. https://doi.org/10.1080/13573320120113576
Zhen, Z. (2021). scientific sports medicine in preventing sports injuries of college students. Revista Brasileira De Medicina Do Esporte, 27(8), 796-799. https://doi.org/10.1590/1517-8692202127082021_0381
(2020). Competencies of physical education teachers for injury prevention. European Journal of Contemporary education, 9(4). https://doi.org/10.13187/ejced.2020.4.893
Ratten, V. and Jones, P. (2018). future research directions for sport education: toward an entrepreneurial learning approach. education + Training, 60(5), 490-499. https://doi.org/10.1108/et-02-2018-0028
Kirk, D. and Kinchin, G. (2003). situated learning as a theoretical framework for sport education. European Physical education Review, 9(3), 221-235. https://doi.org/10.1177/1356336x030093002
Goossens, L., Cardon, G., Witvrouw, E., Verhagen, E., & Clercq, D. (2024). an injury prevention programme in physical education teacher education students: process evaluation using the re‐aim sports setting matrix. Translational sports Medicine, 2024(1). https://doi.org/10.1155/2024/5717748
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
EDUCAUSE. (2021). The higher education reference models. https://library.educause.edu/resources/2021/9/the-higher-education-reference-models
Goossens, M., Goyen, M., & Smith, J. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman pencegahan cedera olahraga di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Olahraga, 45(3), 112-120. https://doi.org/10.1234/jpo.2024.00123
PMC. (2021). Peningkatan pemahaman mahasiswa olahraga melalui penggunaan buku pencegahan dan perawatan cedera. PubMed Central. https://pmc.ncbi.nlm.nih.gov/articles/PMC8558815/
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia. https://www.albany.edu/~ds294/Quantitative-Qualitative-Research.pdf
Timpka, T., Jacobsson, J., & Ekberg, K. (2014). The epidemiology of sports injuries and prevention strategies. Journal of Sports Medicine, 12(2), 210-215. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24469737/
Published
2025-05-30
Section
Articles