PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation berbasis outdoor learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi ekologi di kelas VII SMPN 2 Kedunggalar. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan menerapkan desain penelitian post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena populasi yang relative kecil. Sampel pada penelitian ini adalah 41 siswa di kelas VII SMPN 2 Kedunggalar yang terbagi menjadi 1 kelas eksperimen menerapkan model group investigation berbasis outdoor learning, dan 1 kelas kontrol menerapkan metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Soal tes terdiri dari 24 soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA dan lembar observasi digunakan sebagai alat ukur aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sampel t-test. Pada pengujian hipotesis berbantuan SPSS25 didapati nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis outdoor learning terhadap hasil belajar IPA. Adapun model pembelajaran group investigation berbasis outdoor learning juga berpengaruh pada aktivitas belajar dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000. Data yang didapat dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 64,7 dengan rata-rata aktivtas belajar siswa sebesar 64%, sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPA sebesar 88,9 dengan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar72,5%. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa tergolong baik, sedangkan persentase aktivitas belajar siswa tergolong dalam kategori aktif.
(Kata Kunci: Group Investigation, Outdoor Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar)
Downloads
References
Astini, G. N. (2023). Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 1 SMA. Journal of Education Action Research, 7(2), 298–302. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.60216
Awaluddin, R., Muhammad,;, Setiyadi, W., Biologi, P., Al, S., & Dompu, A. (n.d.). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Berbentuk Jelajah Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa.
Ayu Nurmala, D., Endah Tripalupi, L., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. In Tahun (Vol. 4, Issue 1).
Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro. In Jurnal SAP (Vol. 1, Issue 2).
Bokimnasi, E. S., Uki, N. M., & Bire, M. O. H. (2021). Penerapan model pembelajaran group investigation terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa materi sistem ekskresi pada manusia. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 102–112. https://doi.org/10.26877/bioma.v10i1.6674
Fajri, C., Amelya, A., Ekonomi dan Bisnis, F., Kerja, D., Kerja, K., & Karyawan, K. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indonesia Applicad Kata kunci. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Harefa SMP Negeri, O. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ipa.
Hikmah, N., Idham Haliq, M., & Ekasari, E. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Vol. 6, Issue 1).
Homsinah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Non Individual Service dalam Mata Kuliah Penataan dan Pelayanan Restoran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 275–293. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i4.191
Indah, B., Hia, G., Telaumbanua, D., & Harefa, A. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 1(2), 367–373. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.64
Ketut Sudarsana, O. I. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM
Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Nuzul Agnafia, D., Anfa, Q., Zahrotin, A., Studi Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi, P., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Universitas Terbuka Kendari, U., Ir Soekarno Ringroad Barat No, J., Nasution, J. A., & Kambu, K. (2023). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). KONSTRUKTIVISME, 15(2), 2442–2355. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i2.2953
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (n.d.). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF).
Sdn, L. A., & Daya, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Mamben Daya. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Sudarta, G. K. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas VI. Journal of Education Action Research, 6(2), 221–227. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45826
Yunansica Istiqomah, N., Vidia Almira, D., Nur Laily, Z., & Ketut Mahardika, I. (n.d.). Manfaat Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMPN 4 Jember Kelas VIII D. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2022(24), 385–392. https://doi.org/10.5281/zenodo.7494465
Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi Bloom dan Alternatif Pemecahannya. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 111. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.7
Zahroh, F., Setyawan, A., & Citrawati, T. (n.d.). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan.