https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/issue/feed Jurnal Pendidikan Modern 2021-09-28T12:00:38+07:00 Tri Wardati Khusniyah jpm@stkipmodernngawi.ac.id Open Journal Systems <div class="additional_content"> <p>Jurnal Pendidikan Modern teregistrasi dengan<strong> E-ISSN : <a title="E-ISSN" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1494824548&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2580-099X</a></strong>&nbsp;dan <strong>P-ISSN : <a title="P-ISSN" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1433909297&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2460-1225</a></strong>.</p> </div> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/284 Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di Kecamatan Rajabasa 2021-09-28T10:41:53+07:00 Zulfa Hazizah zulfahazizah272@gmail.com Henry Aditia Rigianti henry@upy.ac.id <p>Teknologi Informasi dan komunikasi berkembang pesat di masyarakat. Tidak semua kalangan mampu beradapsi dengan perkembangan teknologi. Hal ini menjadi faktor dari kesenjangan digital, sehingga muncul istilah baru yakni gagal teknologi (gaptek). Kesejangan digital merupakan ketidak mampuan individu dalam merasakan manfaat dari teknologi informasi karena kurangnya akses dan kemampuan dalam penggunaan TIK. Kesenjangan digital karena belum tersedianya dana dan sumber daya yang mendukung lembaga pendidikan serta sarana dan prasarana yang terkait dengan infrastruktur komunikasi berbasis TIK yang terbatas, dan yang menjadi kendala yakni belum siapnya budaya dan kultur penggunaan dan pemanfatan TIK. Penelitian ini untuk melihat kesenjangan digital yang terjadi di kalangan guru di Kabupaten Lampung Selatan Kecamatan Rajabasa. Penelitian ini di kaji berdasarkan dari teori dan pendapat ahli, mengenai kesenjangan digital pada guru senior dan guru junior yang begitu signifikan dalam pengoprasian perangakat TIK.<strong>Kata kunci</strong>: Kesenjangan Digital., <em>Hadwere, Shoftwer, Useware</em></p> 2021-09-28T10:39:21+07:00 Copyright (c) 2021 Zulfa Hazizah https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/300 Penerapan Pola Asuh Orang Tua sebagai Strategi Belajar untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi 2021-09-28T11:53:56+07:00 Kiki Maulina kikimaulina90@gmail.com Lina Riyani linariyani21@gmail.com Mira Destyaningrum miradestya03@gmail.com Yofie Nur faaiqah yofienurfaaiqah@gmail.com Zulherman zulherman@uhamka.ac.id <p>Masa pandemi ini anak-anak belajar dirumah dengan cara belajar online , selain itu belajar tanpa bimbingan guru penggantinya ialah orang tua untuk mengajarkan atau mengarahkan dalam pembelajaran online ini agar tujuan pembelajaran secara efektif tercapai, bahwasanya pembelajaran online ini sangatlah tidak mudah masih banyak orang tua yang mengeluh dengan pembelajaran online ini. Penilitian ini memiliku tujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dimasa pandemi ini agar siswa selama belajar di rumah lebih semangat dan belajar secara efektif seperti pembelajaran disekolah. Penilitian ini menggunakan metode penelitian smartpls untuk mengumpulkan data yaitu angket. Dengan cara menyebarkan link terhadap orang tua yang memiliki anak bersekolah. Dengan adanya penelitian ini menunjukan bahwa terdapat adanya memiliki hubungan yang positif dalam pola asuh orang tua terhadap anak nya dalam motivasi belajar siswa. Bahwasannya ada nya sekolah online atau dirumah ini selama pandemi belajar berjalan secara efektif seperti belajar disekolah.</p> 2021-09-28T11:27:14+07:00 Copyright (c) 2021 Lina Riyani https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/306 Peran Guru dalam Mengenalkan Lingkungan Sekitar pada Anak Usia Dini di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung 2021-09-28T12:00:38+07:00 Yuyun Indah Sari yuyunindah23@gmail.com Hibana hibana@uin-suka.ac.id Susilo Surahman susilo.surahman@iain-surakarta.ac.id <p>Dewasa ini banyak terjadi kesalahpahaman antara orantua yang menginginkan ankanya untuk pintar, padahal pintar itu sendiri bukan hanya dari kegiatan membaca, menulis, dan berhitung, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada khalayak masyarakat agar lebih memahami mengenai dunia anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi, kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut yaitu&nbsp; guru sebagai pemfasilitas bagi siswa atau peserta didiknya, guru sebagai pemberi pelajaran dan pemotivasi, serta guru sebagai pembentuk karkter pada peserta didiknya.</p> 2021-09-28T11:57:11+07:00 Copyright (c) 2021 Yuyun Indah Sari