Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlesah
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan awal pemahaman membaca yang dihadapi siswa kelas satu SD Negeri Tlesah Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Kajian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitiannya adalah guru kelas 1 dan kelas 1 SD Negeri Tlesah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman. Model terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Survei menemukan bahwa 37,5% siswa kelas satu masih mengalami kesulitan untuk mulai membaca. Dengan kata lain, (1) kesulitan mengenal huruf, (2) belum mengenal huruf konsonan, dan (3) belum mampu membaca gabungan huruf vokal dan konsonan (4) Tidak dapat membaca kombinasi konsonan, (5) Tidak dapat membaca huruf diftong. Solusi yang diajukan oleh guru kelas satu untuk mengatasi kesulitan membaca siswa kelas satu adalah dengan memberikan pengajaran membaca, mendirikan sudut membaca di kelas, dan memberikan bacaan sesuai dengan kemampuan membaca siswa.
Downloads
References
Ariawan, I. M. (2017). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAANDI KELAS SATU SEKOLAH DASAR. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76.
Aulia Harnum Aprilia Astri, D. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU: Research & LearninginElementary Education, 8(1), 83-90.
Dafit, M. R. (2021). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Qalamuna: Jurnal Penidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 397-410.
Dr. Muammar, M. (2020). Membaca permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Henry Guntur Tarigan, d. (2011). Membaca Dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa.
Khairunnisak. (2015). Efektifitas Media Kartu Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 136-155.
Komarudin, R. W. (2016). EFEKTIVITAS METODE ANALISIS GLASS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK BERKESULITAN MEMBACA KELAS III SEKOLAH DASAR. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(2), 178-190.
Kusno, R. M. (2020). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 432-439.
Mabunga, A. S. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan. Mimbar Pendidikan, 4(2), 113-126.
Siti Aisyah1, G. Y. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole LanguageDiSekolah Dasar. JURNALBASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 4(3), 637-643.