PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KARTU SUKU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DI SDN BRANTA PASESER 3 KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Abstrak
Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif. Disebut reseptif karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru. Semua yang diperoleh melalui bacaan itu akan memungkinkan orang tersebut mampu mempertinggi daya pikirannya, mempertajam pandangannya, dan memperluas wawasannya. Dalam penelitian ini saya menggunakan media pembelajaran berupa kartu suku kata yang merupakan strategi paling efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa Kartu suku kata adalah alat yang terdiri dari huruf-huruf yang disusun menjadi suku kata, yang dapat membantu siswa dalam memahami struktur kata dan meningkatkan kemampuan membaca dengan lebih baik. Dalam penelitian ini, kami akan menjelaskan bagaimana kartu suku kata dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca, serta bagaimana strategi ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran
Kata Kunci: Membaca permulaan, media kartu suku kata