Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV di MIM Ngadirejan. Penelitian ini merupakan sebuah studi quasi-eksperimen yang menggunakan desain one groups pretest-posttest. Subjek penelitian yang berjumlah dua puluh enam peserta didik kelas IV di MIM Ngadirejan. Hasil penelitian tersebut adalah bahwa terdapat pengaruh penerapan PBL kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIM Ngadirejan. Hasil pengujian normalitas prepost menunjukkan bahwa distribusi data kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah normal. Oleh karena itu, untuk menguji keefektifan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan kritis dalam berpikir peserta didik digunakan uji paired samples t-test pada taraf signifikansi 5%. pada hasil uji sampel berpasangan diperoleh nilai t hitung sebesar 11,485; df sebesar 25 dan pengujian yang dilakukan adalah uji ganda. sebagian maka nilai t-tabel sebesar 2,060. Nilai diambil dari statistic. Karena nilai atau 11,485 > 2,060 maka ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL memberikan dampak terhadap kemampuan cara berpikir yang kritis pada peserta didik kelas IV MIM Ngadirejan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV di MIM Ngadirejan. Penelitian ini merupakan sebuah studi quasi-eksperimen yang menggunakan desain one groups pretest-posttest. Subjek penelitian yang berjumlah dua puluh enam peserta didik kelas IV di MIM Ngadirejan. Hasil penelitian tersebut adalah bahwa terdapat pengaruh penerapan PBL kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIM Ngadirejan. Hasil pengujian normalitas prepost menunjukkan bahwa distribusi data kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah normal. Oleh karena itu, untuk menguji keefektifan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan kritis dalam berpikir peserta didik digunakan uji paired samples t-test pada taraf signifikansi 5%. pada hasil uji sampel berpasangan diperoleh nilai t hitung sebesar 11,485; df sebesar 25 dan pengujian yang dilakukan adalah uji ganda. sebagian maka nilai t-tabel sebesar 2,060. Nilai diambil dari statistic. Karena nilai atau 11,485 > 2,060 maka ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL memberikan dampak terhadap kemampuan cara berpikir yang kritis pada peserta didik kelas IV MIM Ngadirejan.
Downloads
References
An, K., Imania, N., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 31–47. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/445/pdf
Bagheri, M., Ali, W. Z. W., Abdullah, M. C. B., & Daud, S. M. (2020). Effects of Project-based Learning Strategy on Self-directed Learning Skills of Educational Technology Students. Contemporary Educational Technology, 4(1), 15–29. https://doi.org/10.30935/cedtech/6089
Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 39–44.
Damayanti, S., Sumarna, N., & Yasin, M. (2022). The influence of problem based learning model on critical thinking ability of fifth grade students of sd negeri 13 lakudo. 4.
Eldiva, F. T., & Azizah, N. (2019). Project Based Learning in Improving Critical Thinking Skill of Children with Special Needs. International Conference on Special and Inclusive Education, 296, 348–355. https://doi.org/10. 2991/icsie-18.2019.64
Hardiyanti, W. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Akademik Siswa SD di Gugus Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Mijen Kota Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Husnah, M. (2018). Hubungan Tingkat Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 1(2), 10–17.
Istiq’faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of Students’ Critical Thinking Skill of Middle School Through Stem Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495
Nugroho, A. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. FUNDADIKDAS: Fundamental Pendidikan Dasar, 1(2), 90–100.
Pradana, J. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Karakter Anak Terbentuk Berdasarkan Didikan Orang Tua dan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7834–7840.
Ramli, D. P. S., & Argaswari, D. P. A. D. (2023). Praktik Mengajar Understanding by Design (UbD) bagi Calon Guru Pendidikan Matematika di Universitas Sampoerna. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1492–1504. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4865
Rochaendi, E., Wahyudi, A., & Perdana, R. (2021). Kompetensi Teknologi, Pedagogi, dan Konten Guru SD Negeri dan Swasta di Kota Cimahi, Jawa Barat. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2222
Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Widarti, H. R., & Malang, U. N. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum , Survey Karakter , Dan Survey Lingkungan Belajar). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71.
Saodah, Siti. Mulyasari, Effy. Rahmna, G. A. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman peserta didik kelas iv materi gaya dengan rancangan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(Volume 09 Nomor 01, Maret 2023), 560–571.
Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Literasi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 417–422.
Sopiany, R. I., Santosa, C. A. H. F., & Setiani, Y. (2019). Analisis Hasil Ujian Nasional Matematika Berdasarkan Status Sekolah (Negeri dan Swasta) dan Kompetensi Guru Tingkat SMP/MTs Kota Tangerang. Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 60–74. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6887
Sulaiman, A., & Salamah, U. (2023). Falsafah “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” dan Implikasinya pada Strategi Belajar: Critical Synthesis Review. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 4(1), 42–57.
Wahyuni, A. P., Purba, A. R. A., Hasibuan, M. A., & Cahyani, H. R. (2023). Pengaruh Pengembangan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD 1 Mardiatul Islamiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1349–1358