ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V dalam MENYELESAIKAN SOAL AKM KELAS DI SDN DINOYO LAMONGAN
Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas digunakan oleh guru untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi peserta didik sebelum merancang pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal numerasi AKM Kelas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitiannya peserta didik kelas V SD Negeri Dinoyo Lamongan tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi peserta didik di SDN Dinoyo Lamongan masuk dalam kategori LOTS jika dilihat dari rata-rata hasil nilai numerasi AKM Kelas, dengan presentase 60% siswa mendapatkan nilai dengan interval nilai 0 ≤ nilai ≤ 40. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa factor diantaranya terdapat siswa kelas V yang berkebutuhan khusus, dalam proses pembelajaran peserta didik kurang memahami sebuah konsep, konsep operasi hitung peserta didik khususnya pada operasi hitung perkalian masih rendah. Factor lainnya juga dikarenakan kurang seringnya peserta didik berlatih mengerjakan soal-soal berbasis penerapan, penalaran, dan aplikasi seperti model soal yang dikembangkan pada AKM.