PENGARUH KEGIATAN BERMAIN MEDIA PENGARUH KEGIATAN BERMAIN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA PADA KELOMPOK A
ARTIKEL JURNAL ILMIAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain loose parts dalam mengklasifikasikan benda pada kelompok A di TK Darul Mustofa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini yaitu semua anak kelompok A tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 33 anak. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest diperoleh data rata-rata pretest (mean) sebesar 36,21 dan hasil posttest diperoleh rata-rata posttest (mean) 60,30. Berdasarkan uji paired sample t test bahwa nilai sig. sebesar < 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan diperoleh nilai thitung 21,176 > nilai ttabel 2,039 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media loose parts terhadap kemampuan mengklasifikasikan benda pada kelompok A di TK Darul Mustofa.
Kata Kunci: anak usia dini, media loose parts, kemampuan mengklasifikasikan benda.