Peran Orang Tua Dalam Membangun Kontruksi Pengetahuan Ekonomi Pada Anak Usia Dini Di Desa Tamanan Kecamatan Gempol-Pasuruan
Abstract
Pengetahuan ekonomi sangat penting karena ekonomi memainkan peran sentral dalam kehidupan manusia. Ilmu ekonomi adalah the science of choice. Pengetahuan ekonomi membantu orang dalam pengambilan keputusan terbaik pada berbagai pilihan setiap hari, dalam hal mengelola keuangan pribadi, investasi dan pengeluaran. Kontruksi pengetahuan ekonomi ini sangat penting karena dapat membentuk perilaku dalam pengelolaan keuangan. Kontruksi pengetahuan ekonomi ini masih belum dilakukan secara massif. Pengetahuan ekonomi di usia dini bukan sekedar pengenalan dasar dari uang, namun membangun pemahaman lebih dari itu, yaitu awal dari pengelolaan uang yang bijak. Anak-anak dilatih mengontrol keinginan agar tidak ada pengeluaran yang tidak perlu. Sehingga anak anak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Beberapa peneliti berpendapat bahwa pengetahuan ekonomi diberikan pada saat remaja. Karena pada usia remaja anak-anak sudah dapat berpikir secara logis dan lebih mudah memahami sesuatu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang berdomisili di Dsn. Tamanan, Desa Kepulungan-Kecamatan Gempol-Pasuruan. Berdasarkan penelitian ini bahwa peran orangtua sangat penting dalam membangun kontruksi pengetahuan ekonomi melalui pembelajaran by experience.
Downloads
References
Al Muin, N. 2017. Motivasi Pengembangan Dan Pematangan Karir Kewirausahaan. Jurnal Sosio E-Kons 9–1.36-45, LPPM-Unindra.
Ardiana, Meta. 2016. Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap
Devi, M. 2010. Analisis Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Status Gizi Balita Di Pedesaan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan. 33(2): 183 – 192. Pinggiran Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 3(2):182-187.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/765
Narmaditya Sandi Bagus, 2013. Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi Dimediasi Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 1 No. 1 Desember 2013. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v1i1.12757. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU/article/view/12757
PerilakuMenabung Siswa SMK Se Kota Kediri. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. Vol. 1, No.1, Hal.59-75.
Rapih, Subroto. 2016. Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Jurnal Scholaria. Vol. 6, No. 2, Hal 14-28. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=623002&val=10281&title=Pendidikan%20Literasi%20keuangan%20Pada%20Anak:%20Mengapa%20dan%20Bagaimana?
Supramono, Gatot. 2013. Perjanjian Utang Piutang. Jakarta:Kencana
Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2020). Pengenalan Protokol Kesehatan Pada Anak Usia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 3).
Syarifudin, Maharany. 2007. Status Gizi Balita Ditinjau dari Faktor Sosial Ekonomi Sebagai Variabel yang Mempengaruhi Upaya Peningkatan Kualitas Kesahatan Masyarakat di Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Syarifudin, Maharany. 2007. Status Gizi Balita Ditinjau dari Faktor Sosial Ekonomi Sebagai Variabel yang Mempengaruhi Upaya Peningkatan Kualitas Kesahatan Masyarakat di Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember
Widianingtyas, Santi. 2007. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Status Gizi Balita di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember