Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Bahasa Inggris Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan mulai September sampai dengan Desember 2023 terhadap mahasiswa program studi teknik industri. Penelitian ini dilakukan terhadap 36 mahasiswa, yang terdiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. latar belakang pelaksanaan penelitian adalah hasil belajar mahasiswa terhadap kemampuan menulis teks bahasa Inggris yang masih lemah, oleh karena itu dengan menerapkan pendekatan saintifik, model pembelajaran kolaboratif project based learning dari siklus I sampai dengan siklus III, kemampuan menulis teks bahasa inggris mahasiswa menunjukkan gejala adanya peningkatan yang lebih baik. Penelitian ini dicukupkan sampai siklus III karena peneliti telah mencapai target yang diinginkan. Pada pra siklus hasil belajar mengidentifikasi kemampuan menulis teks bahasa Inggris rata-rata 73,56. Pada siklus I rata-rata mengidentifikasi nilai mahasiswa mencapai 82,522, dan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 83,11, terakhir pada siklus III nilai rata-rata mahasiswa adalah 83,55. Rata-rata hasil belajar menulis teks bahasa Inggris pada penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 9,99 (2,77%).
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Krajcik, J. S., and Shin, N. (2014). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of the learning sciences (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
Megawati, M. (2017). The improving students’reading comprehension through grammar translation method. english education: Journal Of English Teaching And Research, 2(2), 95-108.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 385-395.
Mundriyah, M., & Parmawati, A. (2016). Using Think-Pair-Share (Tps) To Improve Students’writing Creativity (A Classroom Action Research in the Second Semester Students of STKIP Siliwangi Bandung). P2m Stkip Siliwangi, 3(2).
Rusman. (2016). Model Pembelajaran menggembangkan profesional guru. Depok: PT. Raya Gratindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sitaresmi. (2017). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dab Prestasi Belajar pada Materi Sistem Periodik Unsur (SPU) Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 54-61.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Administrasi. Jakarta : CV. Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progesif. Jakarta : Bumi Aksara.
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 89-96.