Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kemampuan Metakognisi Siswa Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terintegrasi Potensi Lokal
Abstract
Keterampilan generik sains dan kemampuan metakognisi merupakan kompetensi yang belum banyak dikembangkan oleh siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan keterampilan generik sains dan kemampuan metakognisi melalui implementasi pembelajaran fisika berbasis STEM yang terintegrasi dengan potensi lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Model penelitian mengadopsi model siklus spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian melibatkan 13 siswi kelas XI MIPA SMA Islam Diponegoro Surakarta pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen untuk mengumpulkan data keterampilan generik sains melibatkan lembar observasi dan wawancara dengan 7 aspek, sementara data kemampuan metakognisi dikumpulkan melalui lembar soal yang terdiri dari 5 soal dengan setiap soal memuat tiga pertanyaan, yakni deklaratif, prosedural, dan kondisional. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian keterampilan generik sains pada siklus 1 sebesar 50,3% dan meningkat menjadi 80,2% pada siklus 2. Ketercapaian kemampuan metakognisi pada siklus 1 mencapai 49,0%, dan mengalami peningkatan menjadi 80,0% pada siklus 2. Hasil penelitian ini mendukung bahwa implementasi pendekatan STEM terintegrasi potensi lokal efektif dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan kemampuan metakognisi dalam pembelajaran fisika.
Downloads
References
Adlim, M., Saminan, S., & Ariestia, S. (2015). Pengembangan Modul STEM Terintegrasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sma Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 112–121.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016a). Implementasi Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016b). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261–267.
Agustina, S., Muslim, M., & Taufik. (2016). Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Praktikum Besaran Dan Pengukuran Kelas X Di Sma Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 1–7.
Anggo, M. (2012). Metakognisi dan Usaha Mengatasi Kesulitan dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual. Aksioma, 01(01), 21–28.
Bybee, R. (2010). Advancing STEM Education: A 2020 Vision. Technology and Engineering Teacher, 70(1), 30–35.
Dewi, I. P. M., Suryadarma, I. G. P., Wilujeng, I., & Wahyuningsih, S. (2017). The Effect of Science Learning Integrated with Local Potential of Wood Carving and Pottery Towards the Junior High School Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 103–109.
Dicerbo, K. (2014). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Assessment in Education : Principles , Policy & Practice, 21(4), 502–505.
Fauzi, A., & Sa’diyah, W. (2019). Students’ Metacognitive Skills From the Viewpoint of Answering Biological Questions: Is it Already Good? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 317–327.
Fry, S., & Seely, S. (2011). Enhancing Preservice Elementary Teachers’ 21st-Century Information and Media Literacy Skills. Action in Teacher Education, 33(2), 206–218.
Geisinger, K. F. (2016). 21st Century Skills: What Are They and How Do We Assess Them? Applied Measurement in Education, 29(4), 245–249.
Gonzalez-DeHass, A. (2016). Preparing 21st Century Learners: Parent Involvement Strategies for Encouraging Students’ Self-Regulated Learning. Childhood Education, 92(6), 427–436.
Griffin, P. (2017). Assessing and Teaching 21st Century Skills: Collaborative Problem Solving as a Case Study. Innovative Assessment of Collaboration, 113–134.
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train Saraba Kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.
Haviz, M., Karomah, H., Delfita, R., Umar, M. I. A., & Maris, I. M. (2018). Revisiting Generic Science Skills as 21st Century Skills on Biology Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 355–363.
Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Stem virtual lab: An alternative practical media to enhance student’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 239–246.
Jang, H. (2016). Identifying 21st Century STEM Competencies Using Workplace Data. Journal of Science Education and Technology, 25(2), 284–301.
Kaufman, K. J. (2013). 21 Ways to 21st Century Skills: Why Students Need Them and Ideas for Practical Implementation. Kappa Delta Pi Record, 49(2), 78–83.
Kurniawati, A. A., Wahyuni, S., & Putra, P. D. A. (2017). Utilizing of Comic and Jember’s Local Wisdom as Integrated Science Learning Materials. International Journal of Social Science and Humanity, 7(1), 47–50.
Lambert, J., & Gong, Y. (2010). 21st Century Paradigms for Pre-service Teacher Technology Preparation. Computers in the Schools: Interdisciplinary Journal of Practice, Theory, and Applied Research, 27(1), 54–70.
Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123.
Medriati, R. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Cahaya Kelas VII6 Melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Berbasis Laboratorium di SMPN 14 Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 2013, 131–139.
Moos, D. C., & Ringdal, A. (2012). Self-Regulated Learning in the Classroom: A Literature Review on the Teacher’s Role. Education Research International, 2012, 1–15.
Nastiti, D., Rahardjo, S. B., Elfi Susanti, V. H., & Perdana, R. (2018). The Need Analysis of Module Development Based on Search, Solve, Create, and Share to Increase Generic Science Skills in Chemistry. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 428–434.
Ngabekti, S., Prasetyo, A. P. B., Hardianti, R. D., & Teampanpong, J. (2019). The development of stem mobile learning package ecosystem. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 81–88.
Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2019). Fulfilment National Standard Education toward Achievement of Critical Thinking Ability and Science Process Skill in Indonesia. American Journal of Social Sciences and Humanities, 4(4), 571–580.
Rusmawati. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Melalui STrategi Pembelajaran Discovery Terbimbing Kelas XI MIA2 SMA Negeri 1 Barru. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15–24.
Sagitova, R. (2014). Students’ Self-education: Learning to Learn Across the Lifespan. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152(843), 272–277.
Scott, C. (2012). An Investigation of Science , Technology , Engineering and Mathematics ( STEM ) Focused High Schools in the U . S . Journal of STEM Education, 13(5), 30–40.
Sibille, K., Greene, A., & Bush, J. P. (2010). Preparing Physicians for the 21st Century: Targeting Communication Skills and the Promotion of Health Behavior Change. Annals of Behavioral Science and Medical Education, 16(1), 7–13.
Stohlmann, M., Moore, T., & Roehrig, G. (2012). Considerations for Teaching Integrated STEM Education. Journal of Pre-College Engineering Education Research, 2(1), 28–34.
Suastra, I. W., & Tika, K. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 258–273.
Tanwil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains & Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Universitas Negeri Makasar.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Humaniora.
Wilujeng, I. (2016). Pengintegrasian Potensi Lokal dalam Pembelajaran IPA Alternatif Peningkatan Daya Saing Global. Prosiding Seminar Nasional IPA VII, 680–688.