Upaya Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Konsentrasi belajar adalah suatu hal yang harus dimiliki siswa dalam proses pembelajaran, karena konsentrasi belajar sangat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran dan juga hasil prestasi siswa. Dalam hal ini peran guru sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan konsentrasi pembelajaran khususnya pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata Pelajaran tersebut.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI serta seluruh siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini konsentrasi sangat penting dalam proses pembelajaran. Maka dalam hal ini peran guru sangat penting dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Upaya yang dilakukan yaitu dengan menggunakan model, strategi dan metode pembelajaran yang menarik serta memberikan pengertian dan pemahaman kepada siswa akan pentingnya Pendidikan Agama Islam. Dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa, guru juga mengalami beberapa macam kendala akan tetapi guru selalu bisa mengatasi atas hambatan yang ada
Kata Kunci: Konsentrasi belajar, Pendidikan Agama Islam
Downloads
References
Astuti, R. and T. Aziz (2019). "Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 294-302
Astutik, W. (1995). "Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya." Jakarta: Rineka Cipta: 8-44.
Baharun, H. and S. Adhimah (2019). "Adversity quotient: Complementary intelligence in establishing mental endurance santri in pesantren." Jurnal Ilmiah Islam Futura 19(1): 128-143.
Daradjat, Z. (2017). "Ilmu pendidikan islam."
Dini, J. (2022). "Concentration of Children's Learning in Motor-Sensory Play Management Development Framework." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5): 3807-3816
Erwiza, E. (2019). "What Should Teachers Do To Assist Students’ Concentration In Learning Process."
Hasanah, U., et al. (2017). "Efektivitas layanan penguasaan konten untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa."
Ikawati, M. P. D. and M. Prihantini (2016). "Upaya meningkatkan konsentrasi belajar siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) menggunakan konseling kelompok bagi siswa." Jurnal Psikopedagogia 5.
Lamba, M. S., et al. (2014). "Impact of teaching time on attention and concentration." Age (in years) 18(22): 23-27.
Mindari, T. and S. Supriyo (2015). "Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan." Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 4(2).
Prihatin, E. (2019). "Guru sebagai fasilitator."
Sadiman, S. and A. Karolina (2017). "Pendekatan saintific quantum dalam memahami perjalanan Isra’Nabi Muhammad SAW (Teori saintifik modulasi quantum Isra’)." FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 2(2): 200-225.
Strauss, A. and J. Corbin (2013). "Dasar-dasar penelitian Kualitatif, Diterjemahkan oleh Muhammad Shodiq dan Imam Muttaqien." Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukri, A. and E. Purwanti (2016). "Meningkatkan hasil belajar siswa melalui brain gym." JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 1(1): 50-57
Suryati, S., et al. Gambaran Gaya Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra. Jannatul Ilmi Kecamatan Tampan Pekanbaru, Riau University.








