Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Peserta Didik di MIT Nurul Islam Ringinwok
Abstract
Pelajar pancasila adalah perwujudan siswa Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kemampuan internasional dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Tujuan adanya profil pelajar pancasila ini adalah untuk mendukung lulusan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Projek penguatan profil pelajar pancasila ini adalah program pendidikan yang berbasis proyek. Sekolah menetapkan tema untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan sekolah melalui kegiatan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan mengetahui pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila di MIT Nurul Islam Ringinwok dan dampak dari program tersebut. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program kebijakan projek penguatan profil pelajar pancasila di MIT Nurul Islam sudah berjalan satu projek dalam satu semester oleh kelas satu dan kelas empat dengan tema gaya hidup berkelanjutan dan kearifan lokal.
Downloads
References
Aditomo, A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Asiati, S. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. 19(2), 61–72.
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631
Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 250–261.
Dimas Aditia, Soni Ariatama, Emi Mardiana, S. (2021). Pancala APP (Pancasila`s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. 13(02), 91–108.
Diputera, A. M., & Damanik, S. H. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(1), 1–12.
Downing, K., Kwong, T., Chan, S.-W., Lam, T.-F., & Downing, W.-K. (2009). Problem-based learning and the development of metacognition. Higher Education, 57(5), 609–621. https://doi.org/10.1007/s10734-008-9165-x
Dwiputri, F. A., Kurniawati, F. N. A., & Febriyanti, N. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 198–205. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.178
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222–3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hidayati, N., Hidayati, D., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 68–82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro dalam Pembelajaran untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, F., & Sumaila, N. (2020). Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, Sulawesi Utara. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.51-01
Israwati Amir, Nursalam, I. M. (2022). Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka Belajar. 204–215. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7587
Maubana, W. M., & Sakbana, R. S. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan PjBL terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Diffraction, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2432
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum. PT Remaja Rosda Karya.
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Nisa, Z. (2022). IMPLEMENTASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP Al-FALAH DELTASARI SIDOARJO. 126.
Novita Nur ‘Inayah. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7
Nurdin, U. (2012). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Grasindo.
Nuryati, D. W., Masitoh, S., & Arianto, F. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 98–106. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3375
Pahriati. (2020). Evaluasi program literasi perspektif model cipp (context, input, process, dan product) pada Man Kapuas. Jurnal Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3030/
Pangestuti, T. (2020). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui In House Training di SDN Sisir 06 Batu. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 41–49. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.321
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 413–420. https://doi.org/10.29210/30032075000
Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.
Wenno, I. H., Esomar, K., & Sopacua, V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 378–385. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706
Wiku Aji Sugiri, S. P. (2020). Perspektif Asesmen Autentik sebagai Alat Evaluasi dalam Merdeka Belajar. Jurnal At-Thulab, 4(1), 54.
Yohanes Kefi, Yuniarto Mujisustyo, Isli Iriani Inda Pane, W. P. (2022). Kemampuan Manajerial Sekolah dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4, 2556–2560.








