Pendekatan STEAM Sebagai Stimulasi Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun

  • wuri sasmita Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Anti Isnaningsih Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
Keywords: STEAM, Anak 5-6 tahun, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aspek kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TK Melati 1 PGRI Candiwulan. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sebuah pengaruh daru pendekatan pembelajaran STEAM terhadaap aspek kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-tes post-tes design yang terdiri dati pre-test, treatment, post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan berupa wawancara dan observasi. Selanjutnya analisis data ,menggunakan uji saple paired t-test. Hasil rerata pada pre-test mendapatkan skor 74.9 dan hasil rerata pada post-test sebesar 84.6 atau mengalami pengaruh kenaikan sebesar 11.7%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhieni, N., Yuliantina, I., Soendjojo, R., Yuswanto, D. T., Nurjannah, Riany, Y. E., & Rosmalia, R. (2020). Panduan penegerian satuan pendidikan anak usia dini. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendiknas, (2009).

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4(2).

Hadinugrahaningsih, D. (2017). KETERAMPILAN ABAD 21 DAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) PROJECT DALAM PEMBELAJARAN KIMIA. Universitas Negeri Jakarta.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini 1. Raudhah, 4(1), 39–45.

Maghfiroh, Z. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL-AMAR NGORO JOMBANG DALAM MASA PANDEMI COVID-19. universitas islam negeri sunan ampel surabaya.

Masganti, D. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129.

Novitasari., N. (2022). Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(1), 69–82. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i1.330

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.

Sari, Z. P. (2018). Pengaruh Kegiatan Doodle Art Melalui Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok a Tk Aisyiyah 16 Wotan Panceng Gresik. PAUD Tearatai, 6. file:///C:/Users/dharu/Downloads/26055-Article Text-30421-1-10-20181123-1.pdf

Sudarna. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Genius Publisher.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami Putri, S. (2019). Pembeajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press.

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Published
2023-09-30