Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Melalui Strategi Pembelajaran Pairs-Checks Pada Siswa Kelas II Di SDN Jatigembol 2 Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Masripatin SDN Jatigembol 2 Kec. Kedunggalar, Kab. Ngawi
Keywords: Tematik, Strategi Pembelajaran Pairs-Checks

Abstract

Hambatan pembelajaran tematik sering dirasakan oleh siswa sekolah dasar, sehingga banyak siswa yang kurang menyenangi pelajaran pembelajaran tematik karena dianggap sulit. Kesulitan belajar yang banyak dirasakan siswa dalam pembelajaran tematik harus segera dicarikan solusi yang tepat agar tidak menjadi beban siswa dan mampu mengangkat prestasi hasil belajar siswa Kelas II khususnya, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar yang tercermin dalam perolehan nilai evaluasi yang tinggi.

Strategi Pembelajaran Pairs-Checks memberi tekanan pada latihan prestasi (achievement training). Anak-anak dibiasakan berikhtiar mencapai hasil kerja maksimal dan percaya diri akan kemampuannya. Dengan kata lain ia dibiasakan untuk bertanggung jawab sendiri. Orang tua dan guru harus dapat mendorong anak untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas tertentu dengan frekuensi yang tinggi. Jika hasil pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna, orang tua dan guru haruslah memberikan reirforcement untuk mendorong penyelesaian Strategi Pembelajaran Pairs-Checks berikutnya, begitu seterusnya, sampai anak mencapai prestasi yang optimal. Dalam kaitannya dengan hasil belajar sebagai salah satu produktivitas atau prestasi intelektual kehadiran bahan bacaan yang mengarah terhadap pembentukan prestasi sangat dibutuhkan, baik itu dalam bentuk cerita bergambar maupun cerita dalam majalah anak-anak, latihan (pembelajaran tematik) yang terdapat didalamnya secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat keberhasilan anak apalagi ditunjang dengan adanya buku-buku  paket  pelajaran dan buku latihan yang cukup banyak.

Strategi Pembelajaran Pairs-Checks berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatigembol 2 Kecamatan  Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Semakin tinggi frekuensi Strategi Pembelajaran Pairs-Checks yang diberikan oleh guru dan orang tua, maka semakin kuat kemampuan Strategi Pembelajaran Pairs-Checks dapat dipraktekkan oleh siswa, sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Demikian juga dengan koleksi bahan bacaan juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Kelas II dalam pembelajaran tematik. Semakin lengkap koleksi bahan bacaan pembelajaran tematik, maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 72,57 meningkat pada siklus II 85,71.

Strategi Pembelajaran Pairs-Checks dan koleksi bahan bacaan merupakan suatu rangkaian yang saling terkait dan mendukung sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Jatigembol 2 Kecamatan  Kedunggalar Kabupaten Ngawi dalam pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-21
Section
Articles