Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Berbasis 3r dalam Mendukung Perkembangan Nilai Karakter Anak Usia Dini

  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi
  • Wening Sekar Kusuma
Keywords: APE, 3R, Perkembangan Nilai Karater

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) berbasis 3R (Reduce, Reuse,Recycle) dalam perkembangan Nilai karakter Anak Usia Dini. Metode Penelitian ini menggunakan jenis metode Kualitatif Deskriptif melalui studi kasus dengan subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun sebanyak satu orang anak. Hasil studi kasus penelitian ini dapat dijabarkan bahwa melalui pemanfaatan atau penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dari bahan berbasis 3R (Reduce, Reuse,Recycle) mampu berperan aktif mendukung dalam perkembangan nilai karakter anak usia dini. 18 Nilai karakter yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Kejujuran, 2) Religius, 3) Kreatif, 4) Disiplin, 5) Kemandirian, 6) Kerja Keras, 7) Rasa Ingin Tahu, 8) Tanggungjawab, 9) Cinta Tanah Air, 10) Semangat Kebangsaan, 11) Komunikatif, 12) Demokratis, 13) Peduli Sosial, 14) Peduli Lingkungan, 15) Gemar Membaca, 16) Cinta Damai, 17) Toleransi, dan 18) Menghargai Prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732

Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Istiqomah, N., Mafruhah, I., Gravitiani, E., & Supriyadi, S. (2019). Konsep Reduce, Reuse, Recycle dan Replace dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Polanharjo Kabupaten Klaten. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 8(2), 30–38. https://doi.org/10.20961/semar.v8i2.26682

Kusuma Negara, I. G. N. M., & Agra Darmawati, I. D. A. (2019). Hubungan Antara Sosio-Demografik Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Orang Tua Dalam Pemilihan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Denpasar. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 1(2), 160–163. https://doi.org/10.37294/jrkn.v1i2.84

Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, R., & Ardini, P. (2022). Permainan Tradisional Gorontalo Ponti dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.41219

Nadjamuddin, A. (2016). Membangun Karakter Anak Lewat Permainan Tradisional Daerah Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 74–79. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/441

Pramono, A., Azis, B., Primadani, T. I. W., & Putra, W. W. (2022). Penerapan Upcycling Limbah Kain Perca Pada Kursi Flat-Pack. Mintakat: Jurnal Arsitektur, 23(1), 14–27. https://doi.org/10.26905/jam.v23i1.6075

Puspitawati, Y., & Rahdriawan, M. (2012). Kajian Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kelurahan Larangan Kota Cirebon. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(4), 349. https://doi.org/10.14710/pwk.v8i4.6490

Published
2023-07-18
Section
Articles