Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan IAIN Pontianak Pada Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

  • Rahnang IAIN Pontianak
Keywords: Koleksi Perpustakaan, Skripsi, Mahasiswa, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui jumlah koleksi bahasa Arab Perpustakaan IAIN Pontianak yang berhubungan dengan topik-topik skripsi Prodi PBA tahun 2017 dan mengetahui koleksi bahasa Arab Perpustakaan IAIN Pontianak telah dimanfaatkan pada skripsi Prodi PBA Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data yang digunakan ialah analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan Koleksi bahasa Arab menempati peringkat kedua setelah bahasa Indonesia. Jumlah koleksi perpustakaan berbahasa Arab pada semua bidang pengetahuan berjumlah 549 judul dan 1.505 eksemplar. Sedangkan jumlah koleksi bahasa Arab di bidang Pendidikan Bahasa Arab berjumlah 176 judul dan 706 eksemplar. Koleksi yang paling banyak dipinjam adalah koleksi bahasa Indonesia dan koleksi-koleksi terjemahan-terjemahan. Penyebab minimnya pemanfaatan koleksi Perpustakaan IAIN Pontianak dikarenakan minimnya koleksi yang tersedia, rendahnya motivasi mahasiswa dalam pemanfaatan koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan IAIN Pontianak karena keterbatasan bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiansyah, & Widiatmaka, P. (2022). Problematika Guru dalam Memberikan Bimbingan Konseling Siswa untuk Menumbuhkan Karakter Sosial Melalui Pembelajaran PPKn di Era Society 5.0. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 7(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v7.n1.2022.pp01-08

Asmawi, M. R. (2005). Strategi meningkatkan lulusan bermutu di perguruan tinggi. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 66–71.

Astuti, R. S., & Khoiri, Q. (2023). Tantangan Lokal Dan Global Kebijakan Politik Pendidikan Islam Di Indonesia. Journal on Education, 5(2), 4570–4581.

Fadhlullah, M. F., & Christiani, L. (2019). Analisis Kegiatan Alih Media Digital Sebagai Upaya Pelestarian Koleksi Local Content Di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 681–690.

Hambali, M., & Mu’alimin. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. IRCiSoD.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Miles, Huberman & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). London: SAGE Publications.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Nuryadi, M. H., & Widiatmaka, P. (2022). Analysis of the Citizenship Education Learning Process in Shaping the Character of Students in the Covid-19 Pandemic Period, (Analisis Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter Anak Didik di Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 22–31. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6558

Nuryadi, M. H., & Widiatmaka, P. (2023). An analysis of civic education as a compulsory course to build the national character of Indonesia. GPH-International Journal Of Educational Research, 06(02), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7736807

Pradhika, G. O. (2012). Penerapan Sistem Otomasi Berbasis Koha Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. UNS (Sebelas Maret University).

Prisuna, B. F. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pada Masa Pandemi. Jurnal Pena Edukasi, 9(1), 7–16. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE/article/view/664

Qalyubi, S. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi (Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan perpustakaan perguruan tinggi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286.

Supriadi, S. (2022). Studi Tentang Keterlaksanaan Bimbingan Skripsi di IAIN Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2621–2627.

Sutrisno, W. (2017). Edupreneurship Sebagai Pemerkaya Kompetensi untuk Memperkuat Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia. Prosiding 2017 “Memajukan Kewirausahaan Dalam Upaya Membangun Indonesia, 23–36.

Wardani, R. A. K. (2009). Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Bidang Sains dan Teknologi: Analisis Sitiran terhadap Skripsi Program Sarjana (S1) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2006/2007. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Adab Dan Humaniora, 2009.

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah Berbasis Agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 25–33. https://doi.org/10.24269/v1.n2.2016.25-33

Widiatmaka, P. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Ujung Tombak Pembangunan Karakter Pancasila di Perguruan Tinggi. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1(2), 176–185. https://doi.org/https://doi.org/10.52738/pjk.v1i2.41

Yusup, P. M. (2022). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan: Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2023-07-18
Section
Articles