Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Mata Pelajaran Rumpun IPS (Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi) Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kreativitas guru pada mata pelajaran rumpun IPS dalam pemanfaatan teknologi digital 2) Bentuk-bentuk kreativitas yang dihasilkan guru, 3) Faktor pendorong dan penghambat guru mata pelajaran rumpun IPS dalam pemanfaatan teknologi digital. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu berbagai data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pemanfaatan teknologi digital dapat dilihat dari tahap pembelajaran melalui fitur-fitur pembelajaran berbasis teknologi digital, Adapun bentuk kreativitas yang dihasilkan guru pada pembelajaran berbasis teknologi ini berupa Whatshapp Grup, Classroom, Google Meet, Quizizz, Tiktok, Youtube serta web site lainnya yang berhubungan dengan internet, Faktor Pendorong meliputi: pelatihan guru, siswa lebih aktif dan semangat, dan Faktor penghambat meliputi: terbatasnya kuota dan koneksi jaringan, tidak terfokusnya anak dalam belajar. Adanya faktor penghambat tersebut diharapkan pihak sekolah terus memfasilitasi pembelajaran berbasis teknologi, dan lebih memperbanyak program peningkatan kreativitas guru dalam penggunaan teknologi digital agar guru dengan mudah dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya terkait pemanfaayan teknologi digital disebuah pmbelajaran
Downloads
References
Abdullah, R. (2021). Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Media Video Interaktif Di Sdit Iqra’ 1 Kota Bengkulu.
Bahtiar. (2018). Teknologi Komunikasi Dan Informasi. Al-Hikmah: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 15(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.32505/Hikmah.V15i1.1722
Cartelli, A. (2012). Digital Technologies, Informing Science, And Transformations In Teaching-Learning Processes. Proceedings Of The 2012 Insite Conference, 367–378. Https://Doi.Org/10.28945/1660
Dangnga, M. S., & Muis, A. A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Inovatif. In Si Buku Makassar (Vol. 2, Nomor 1).
Dewantara, A. H., B., A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal Of Primary Education, 1(1), 15–28. Https://Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id/Index.Php/Algurfah/Index
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling.
Fachruddin, F. (2019). Dunia Pendidikan Dan Pengembangan Daya Kreatif. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 57–92. Https://Doi.Org/10.32533/03104.2019
Febriyanti, E., Kusmarni, Y., & Ma’mur, T. (2021). Kreativitas Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Digital Pada Pembelajaran Sejarah Daring (Studi Deskriptif Terhadap Guru Sejarah Sma Di Kota Bandung). Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 147–154. Https://Doi.Org/10.17509/Factum.V10i2.38891
Hashim, H. (2018). Application Of Technology In The Digital Era Education. International Journal Of Research In Counseling And Education, 1(2), 1. Https://Doi.Org/10.24036/002za0002
Hilir, A. (2021). Teknologi Pendidikan Di
Abad Digital.
Mulyasa. (2014). Pelatihan Dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Munirah. (2020). Menjadi Guru Beretika Dan Profesional. Cv. Insan Cendekia Mandiri.
Ngongo, E. (2020). Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Sosiologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 5(2).
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945
Permendikbud. (2018). Permendikbud Beban Kerja Guru Kepala Sekolah. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Pratiwi, P. H. (2020). Merancang Pembelajaran Sosiologi Yang Bermakna Untuk Generasi Net.
Ratih, E. K., & Yanuartuti, S. (2021). Meningkatkan Daya Kreatif Siswa Menggunakan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 942–955. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V6i1.1634
Ribut Wahyu Eriyanti, Yus Mocamad Cholily, Abdulkadir Rahardjanto, Masduki, A. (2022). Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Melalui Lesson Study Kolaboratif Pendidikan Bahasa Indonesia , Universitas Muhammadiyah Malang , Indonesia Pendid. 18, 166–176.
Sodik, S. S. Dan M. A. (N.D.). Dasar Metodologi Penelitian.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. In Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan Farmaka Tropis Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Nomor April).
Wijoyo, H., Sunarsi, D., Utama, A. S., Haryati, D., Rakhmatulloh, A. R., Anggraini, M. N., Nuraini, R., Srinawati, W., Sukanti, Mildawani, I., & Siagian, A. O. (2021). Transformasi Digital Dari Berbagai Aspek. In Insan Cendekia Mandiri. Https://Id1lib.Org/Book/17365510/8fa278