Motivasi Belajar Pada Murid SDI Al Furqon Bangkalan Madura
Abstract
Penelitian ini adalah menggambarkan motivasi belajar pada murid SDI Al Furqon Bangkalan Madura. Subjek penelitian sebanyak 30 orang. Alat ukur motivasi belajar berupa kuesioner skala Likert sebanyak 20 item. Hasil validitas alat ukur menunjukkan semua item valid. Reliabilitas menunjukkan skor 0,824. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi belajar pada murid SDI ini tergolong sedang. Temuan lainnya yaitu dimensi pembentuk motivasi ini didominasi keinginan murid untuk berhasil dalam belajar (21%), diikuti oleh dimensi penghargaan dalam proses belajar (20%) yang sama besarnya dengan dimensi kegiatan belajar yang menarik (20%), selanjutnya dimensi kebutuhan dalam belajar (16%), dimensi cita-cita masa depan (9%), dan yang terkecil adalah dimensi lingkungan yang kondusif untuk belajar (14%).
Downloads
References
Azwar, S. (2013). Sikap manusia: teori dan pengukuran. Pustaka Pelajar.
Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugroho, Y. A. (2011). It’s Esay… Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta: PT Skripta Media Creative.
Sadirman, A. M. (2015). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Supratiknya, A. (2014). Pengukuran psikologis. Yogyakarta : Penerbit Universitas Sanata Dharma.
Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Wahyudi, dkk. (2015). Masyarakat, Budaya, Media dan Politik. Madura. Puskakom Publik dengan Penerbit Elmatera. Fisip Universitas Trunojoyo Madura.