PERBEDAAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-MODUL FISIKA MATEMATIKA

Keywords: E-module, Mathematics Physics, Perception

Abstract

Bahan ajar yang biasanya digunakan siswa dengan penggunaan bahasa asing membuat siswa sulit memahami penjelasan yang terdapat pada buku tersebut. Sehingga tidak salah jika modul elektronik digunakan sebagai pedoman siswa dalam belajar matematika dan fisika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap modul matematika fisika dan mengetahui perbedaan persepsi siswa kelas A dan B Reguler pada modul matematika fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method. Dengan jumlah sampel 60 mahasiswa dari dua kelas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara online dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan uji anova. Dari hasil yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas dan dari hasil korelasi persepsi kelas reguler A dan B memiliki hubungan sehingga hal ini akan mempengaruhi kegunaan e-modul fisika-matematika nantinya. Dan hasil wawancara menjelaskan bahwa saat ini siswa merasa bingung dalam memahami pelajaran fisika matematika. Karena bahan ajar yang digunakan sedikit asing dalam penggunaan bahasanya dan materi fisika dan matematika juga sulit untuk dipahami. Siswa membutuhkan bahan ajar yang sangat menarik dan tentunya mudah dipahami mulai dari bahasa, penjelasan dan materi. Karena semakin baik persepsi positif yang diberikan siswa maka siswa merasa sangat membutuhkan modul elektronik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika fisika.
Kata Kunci : E-modul, Fisika Matematika, Persepsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Teaching Faith in Angels for Junior High School Students. 6(1), 9–18. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.7097
Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–222. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp209-222
Arif, S. (2017). Media Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Flipping Book. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual, 2(1), 48–58.
Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Melsayanti, R. (2019). E-assessment of student perception of natural sciences based on seska in middle school students in Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 858–863.
Barton, K. C., & Ho, L. C. (2020). Cultivating sprouts of benevolence: a foundational principle for curriculum in civic and multicultural education. Multicultural Education Review, 12(3), 157–176. https://doi.org/10.1080/2005615X.2020.1808928
Bellová, R., Melicherčíková, D., & Tomčík, P. (2018). Possible reasons for low scientific literacy of Slovak students in some natural science subjects. Research in Science and Technological Education, 36(2), 226–242. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1367656
Cahyana, U., Paristiowati, M., Nurhadi, M. F., & Hasyrin, S. N. (2017). Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Mobile Game Base Learning Dalam Pembelajaran Laju Reaksi Kimia. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2), 143–155.
Darmaji, D., Jambi, U., Astalini, A., Jambi, U., Kurniawan, D. A., Jambi, U., Perdana, R., Jambi, U., Putra, D. S., & Jambi, U. (2019). A study relationship attitude toward physics, motivation, and character discipline students senior high school, in Indonesia Darmaji. 11(3), 99–109.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. (2019). Physics education students’ science process skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 293–298. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.28646
Dian, K., & Sri, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4D Untuk Kelas Inklusi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal MAJU, Volume 4 No. 1,Maret 2017 ISSN: 2355-3782, 4(1), 40. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/71/61
Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam : Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional Flipbook based on Islamic literacy : The development of physics learning media using 3D pageflip professional. 4(2), 234–244.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & agus adiarta. (2018). Pelatihan Pembuatan Buku Digital Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Bagi Para Guru Di Smk Ti Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/2869
Efanudin, A. F. (2017). CORE Provided by Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan Rpl Di Smk Krian 1 S. Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk 104 |, 7(1), 104–126.
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas Skills analysis of science process of high school students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225
Fitri, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–148.
Hamdani, H., Mursyid, S., Sirait, J., & Etkina, E. (2017). Analisis Hubungan antara Sikap Penyelesaian Soal dan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 151–156. https://doi.org/10.21009/1.03205
Joffe, M. (2017). Causal theories , models and evidence in economics — some reflections from the natural sciences. Cogent Economics & Finance, IV(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/23322039.2017.1280983
Kurniawan, D. A., Astalini, A., Darmaji, D., & Melsayanti, R. (2019). Students’ attitude towards natural sciences. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 455–460. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.16395
Kurniawan, D. A., Maya, W. A., Program, D., Pendidikan, S., Universitas, F., Pendidikan, M., Universitas, F., Ilmiah, S., & Waktu, M. (2012). Sikap mahasiswa pada mata kuliah fisika matematika ii di universitas jambi.
Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-modul fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/570
Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741
Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10
Nurhidayatullah, N., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Miskonsepsi materi larutan penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 41–51. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.10029
Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (AP-KOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14496
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pelullo, C. P., & Di Giuseppe, G. (2018). Vaccinations among Italian adolescents: Knowledge, attitude and behavior. Human Vaccines and Immunotherapeutics, 14(7), 1566–1572. https://doi.org/10.1080/21645515.2017.1421877
Pinontoan, K., Walean, M., & Lengkong, A. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan E-Modul pada Flipped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p001
Puspitasari, A. D. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL CETAK DAN MODUL ELEKTRONIK PADA SISWA SMA. 7(1), 17–25.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
Rukin. (2019). metodologi penelitian kualitatif.
Saputri, D. F., Fadilah, S., & Wahyudi, W. (2016). Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 7–14. https://doi.org/10.21009/1.02202
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830
Vansteensel, M. J., Kristo, G., Aarnoutse, E. J., & Ramsey, N. F. (2017). The brain-computer interface researcher’s questionnaire: from research to application. Brain-Computer Interfaces, 4(4), 236–247. https://doi.org/10.1080/2326263X.2017.1366237
Wahyudi, D. (2019). Pengembangan E-Modul dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1739
Wulandari, M., Astalini, A., & Darmaji, D. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Pengembangan E-Modul Fisika Matematika I di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi Mashelin. Pendidikan MIPA, 2(11), 23–28.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463
Yodha, S., Abidin, Z., & Adi, E. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 181–187. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p181
Zain, M. S., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). The Influence of Reading Fondness Characters on Students’ Attitudes in Science Subjects in Junior High Schools. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.32483
Zainul, R., Oktavia, B., & putra, ananda. (2018). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang. https://doi.org/10.31227/osf.io/yhau2
Published
2023-07-04