Implementasi Materi Pembelajaran pada Media Power Point untuk Mengembangkan Kreativitas pada Anak Sekolah Dasar

  • Kamilia Fidini Universitas Negeri Semarang
  • Lazzuardi Anwar Zidni
  • Faisal Riski Rafi Pratama
  • Riska Dami Ristanto
Keywords: media pembelajaran, sekolah dasar, powerpoint, kreativitas

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi yang diajarkan. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah powerpoint. PowerPoint banyak digunakan oleh pebisnis, guru, pelajar dan mahasiswa karena penggunaannya yang tidak rumit dan banyak desain yang akan membuat presentasi menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi materi pembelajaran melalui media PowerPoint untuk mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang meliputi penelitian pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian model. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Aplikasi media pada muatan materi Bahasa Indonesia dan SBdP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang dihasilkan melalui media PowerPoint memenuhi persyaratan sesuai dengan langkah pengembangan. Respon siswa terhadap materi pembelajaran melalui media Power Point yang dijelaskan oleh guru dari 30 siswa terdapat 7-8 anak kurang memenuhi kriteria penilaian. Berdasarkan nilai yang diperoleh maka implementasi media pembelajaran pada media Power Point untuk mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar layak untuk diterapkan pada sekolah.
Kata Kunci: media pembelajaran, sekolah dasar, powerpoint, kreativitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berkhamas Mulyadi, Y., Guru Sekolah Dasar, P., &

Khatulistiwa, P. (n.d.). Pengembangan Bahan

Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa The

Development Of The Interactive CD Learning

Materials Based On Power Point To Improve

Students’ Learning Outcomes.

Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan

Hasil Belajar Melalui Model Flipped

Classroom Berbantuan Media Power Point Dan

Audio Visual Di Sekolah Dasar. EDUKATIF :

JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1928–

1934.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.695

Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan

Media Pembelajaran Berbasis TIK pada

Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 6(4), 6379–6386.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269 Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan

Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207

Lasut, M. S., Sumampouw, Z. F., Mangangantung, J.

M., & Pangkey, R. D. H. (2022). Pengaruh

Penggunaan Media Powerpoint dan Media

Video dalam Pembelajaran Daring Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5001–

5009.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2915

Panut Setiono, I. R. (2017). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar Panut Setiono 1 dan Intan Rami
2. Gentala Pendiikan Dasar, 2(2), 18.

Rahmat Saeful Pupu. (n.d.). Jurnal-Penelitian-

Kualitatif.

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Uin, H., Maulana, S., & Banten, H. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. In Jurnal Kajian Keislaman (Vol. 4, Issue 2).

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Published
2023-07-16