Implementasi Materi Pembelajaran pada Media Power Point untuk Mengembangkan Kreativitas pada Anak Sekolah Dasar
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi yang diajarkan. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah powerpoint. PowerPoint banyak digunakan oleh pebisnis, guru, pelajar dan mahasiswa karena penggunaannya yang tidak rumit dan banyak desain yang akan membuat presentasi menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi materi pembelajaran melalui media PowerPoint untuk mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang meliputi penelitian pendahuluan, pengembangan model, dan pengujian model. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Aplikasi media pada muatan materi Bahasa Indonesia dan SBdP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran yang dihasilkan melalui media PowerPoint memenuhi persyaratan sesuai dengan langkah pengembangan. Respon siswa terhadap materi pembelajaran melalui media Power Point yang dijelaskan oleh guru dari 30 siswa terdapat 7-8 anak kurang memenuhi kriteria penilaian. Berdasarkan nilai yang diperoleh maka implementasi media pembelajaran pada media Power Point untuk mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar layak untuk diterapkan pada sekolah.
Kata Kunci: media pembelajaran, sekolah dasar, powerpoint, kreativitas
Downloads
References
Khatulistiwa, P. (n.d.). Pengembangan Bahan
Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa The
Development Of The Interactive CD Learning
Materials Based On Power Point To Improve
Students’ Learning Outcomes.
Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan
Hasil Belajar Melalui Model Flipped
Classroom Berbantuan Media Power Point Dan
Audio Visual Di Sekolah Dasar. EDUKATIF :
JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1928–
1934.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.695
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan
Media Pembelajaran Berbasis TIK pada
Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 6(4), 6379–6386.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269 Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan
Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800–1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207
Lasut, M. S., Sumampouw, Z. F., Mangangantung, J.
M., & Pangkey, R. D. H. (2022). Pengaruh
Penggunaan Media Powerpoint dan Media
Video dalam Pembelajaran Daring Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5001–
5009.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2915
Panut Setiono, I. R. (2017). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar Panut Setiono 1 dan Intan Rami
2. Gentala Pendiikan Dasar, 2(2), 18.
Rahmat Saeful Pupu. (n.d.). Jurnal-Penelitian-
Kualitatif.
Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873
Uin, H., Maulana, S., & Banten, H. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. In Jurnal Kajian Keislaman (Vol. 4, Issue 2).
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92