Penerapan PENERAPAN PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING UNTUK OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA

PENERAPAN PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING UNTUK OPTIMALISASI AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA

  • Novi ade suryani STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu
Keywords: Pembelajaran Direct Learning, Aktivitas Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran direct learning pada mata kuliah Analisis Kualitas Lingkungan. Pembelajaran direct learning ini dipilih berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa permasalahan dalam proses belajar mengajar. Beberapa permasalahan yang terindentifikasi diantaranya adalah 1) kemampuan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dalam perkuliahan masih rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian maupun tugas yang diberikan kepada mahasiswa. 2) mahasiswa belum mampu menumbuhkan sikap percaya diri dalam menjawab pertanyaan secara langsung yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa. 3) mahasiswa belum mampu untuk mengaitkan atau menganalisis materi kuliah dengan konsep sehati-sehari. 4) mahasiswa terlihat kurang antusias dalam melakukan perkuliahan analisis kualitas lingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan tiga siklus.  Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu semester V tahun akademik 2022/2023 dengan jumlah 40 orang. Dari hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata siklus I sebesar 59,16%; siklus II 70% dan siklus III 81,25%  sehingga dapat disimpulakan terjadi peningkatan aktivitas mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran direct learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, J.M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM.
Yogyakarta : Diva Press.

Kurniawan, Agung. 2019. Dasar-dasar Analisis Kualitas Lingkungan. Malang: Wineka Media

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhinya. Jakarta:
PT. Rineka Cipta

Suryani, Anih Sri. 2018. Pengaruh Kualitas Lingkungan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Dasar di Provinsi Banten. Jurnal Masalah-masalah Sosial, 9 (1) : 35-63.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka
Published
2023-07-03