Pemanfaatan Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 4 Barenglor dalam Pembelajaran IPS

  • Nela Rofisian PGSD Universitas Widya Dharma Klaten
Keywords: Index Card Match, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan
Index Card Match dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 4 Barenglor. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis & Taggart.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi. Data
yang diperoleh disajikan dalam tabel dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan Index Card Match dalam pembelajaran IPS
dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 4 Barenglor. Penelitian
berlangsung sebanyak dua siklus dan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang
signifikan. Pada Siklus I dilakukan pembelajaran IPS dengan Index Card Match dengan
nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 73,21 dengan persentase
ketuntasan belajar hanya sebesar 47,92%. meningkat menjadi 78,1 dengan ketuntasan
belajar siswa mencapai 62.5%. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar siswa
meningkat menjadi 81,63 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91.67%.

Downloads

Download data is not yet available.