Pengunaan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Khadijah 30 Banyuwangi
Abstract
Kreatifitas dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran yang unik dan
menarik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui seberapa peningkatan
kreativitas anak dengan media cerita bergambar. Pengambilan data melalui
observasi, dokumentasi dan wawancara. Jenis penelitian ini menggunakan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan
secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru kelas dan peneliti. Penelitian
menggunakan siklus Tindakan (Action) , perencanaan (planning), pelaksanaan
(action), pengumpulan data (observing) dan (reflecting). Penelitian dilaksanakan
di TK Khadijah 30 Banyuwangi. Dari analisis data terdapat peningkatan
kreativitas yang tinggi pada siklus II, yaitu pada siklus I sebesar 40 %, sedangkan
pada siklus II telah mencapai 100 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan kreativitas anak usia dini dapat berkembang secara optimal melalui
metode cerita bergambar.








