Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar

  • Uci Ulfa Nur 'Afifah STKIP Modern Ngawi
Keywords: pendidikan lingkungan, peduli lingkungan, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi pengintegrasian pembelajaran lingkungan hidup dalam membentuk karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar (SD) di Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran lingkungan hidup meliputi pembiasaan, keteladanan, dan action learning Langkah-langkah yang dilakukan guru antara lain memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dan tempat belajar dan menitikberatkan penilaian pada penilaian afektif. Faktor pendukung ketercapaian antara lain kinerja guru dan kepala sekolah dalam membimbing siswa dan adanya media pembelajaran yang memungkinkan siswa memahami nilai peduli lingkungan. Faktor penghambat antara lain waktu pembelajaran yang terbatas dan peran keluarga yang kurang dalam menanamkan nilai peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-04
Section
Articles