Model Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Mata Kuliah Analisis Real
Abstract
Nilai rata-rata UAS mahasiswa STKIP Modern Ngawi tahun 2021 pada mata kuliah Analisis Real berada di angka 61,7. Nilai tersebut masuk dalam nilai kategori rendah. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi model pembelajaran untuk meningkatkan nilai mahasiswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada mata kuliah Analisis Real. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan Anava dan uji lanjutan menggunakan Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS, yaitu peningkatan nilai mahasiswa. Model pembelajaran TPS memberikan hasil lebih baik dari pembelajaran konvensional pada mata kuliah Analisis Real. Maka dari itu, model pembelajaran TPS bisa menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan nilai mahasiswa pada semua mata kuliah.
Downloads
References
Alifiani. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 16-22.
Basir, F. & Ekawati, S. (2019). Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Statistika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 96-101.
Budiono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. UNS Press.
Dewi, A. & Adirakasiwi, A. G. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 713-729.
Hartini, Maharani, Z. Z.,& Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 131-135.
Husna, A., Hanggara, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ekonomi Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1283-1292
Imamah, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real Berbasis Pembuktian Pada Semester V UNMUH Jember. Jurnal Gammath, 1(2), 26-32.
Maharani, S. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Think Pair And Share (TPS) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Ditinjau Dari Sikap Mahasiswa Terhadap Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 50-57.
Milsan, A. L. & Wewe, M. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65-69.
Pradana, O. R. Y. (2021). Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Menggunakan Assessment for Learning Pada Prestasi Analisis Real Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Modern, 6(3), 120–123.
Pradana, O. R. Y., Mashuri, A., & Nirawati, L. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Menggunakan Assessment For Learning Pada Prestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(2), 34–40.
Ribut, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6.