Penggunaan Media Pembelajaran Model Gerakan Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada

  • Danang Prama Dhani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ida Zubaida Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rian Triprayoga Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Arief Nur Wahyudi STKIP Modern Ngawi
Keywords: media pembelajaran, hasil belajar, renang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara media  model gerakan oleh pengajar, rekaman, dan kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) terhadap hasil belajar renang gaya dada. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan 3 variabel independen (media model gerakan oleh pengajar, rekaman, kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) dan 1 variabel dependen yaitu hasil belajar renang gaya dada. Sumber data penelitian adalah 30 Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan Untirta. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara media sajian model gerakan oleh pengajar, rekaman, dan kombinasi terhadap hasil belajar renang gaya dada. Media kombinasi (media model gerakan oleh pengajar dan rekaman) mempunyai peningkatan tertinggi sebesar 195% dibandingkan model gerakan oleh pengajar dan rekaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Hannula, Dick. 2008. Sukses Melatih Renang. Adisi Kedua. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Lutan, Rusli. 2001. Asas-asas Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Mulyanto, Respaty. 2007. Managemen Pembelajaran Metode Block Practice dan Pinsip DAP Terhadap Ketrampilan Renang Gaya Dada peserta didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Neglasari Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Bandung: UPI.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru Agresindo.

Sudjana, 2005. Desain dan Analisis Eksperimen. Bandung: Tarsito.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ermawan. 2010. Media Audiovisual Akuatik untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, Jurnal PaedagogianFKIP UNS Jilid 13, Nomor 1, Februari 2010. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suryatna, E. dan Suherman, A. 2001. Renang Kompetitif Alternatif Untuk SMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga

Syaputra, Arfian Novie. 2010. Pengembangan model latihan kaki gaya dada cabang olahraga renang pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 8 Batu - Kabupaten Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winarno, M.E. 2007. Tes Ketrampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Published
2022-05-31
Section
Articles