Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS dan Kreativitas pada Muatan Pelajaran IPA Siswa SD Negeri Sariharjo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kemampuan siswa SD Negeri Sariharjo menggunakan Pembelajaran Berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) dan kreativitas dalam muatan pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggabungkan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber data pada hasil wawancara, hasil observasi, dan catatan tertulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaram berorientasi HOTS dan kreativitas ditempuh melalui tahap 1) menganalisis target kompetensi, 2) merumuskan indikator kompetensi, 3) pemilihan model pembelajaran discovery learning, 4) merecanakan kegiatan pembelajaran, 5) pemilihan media serta instrumen, 6) kegiatan pembelajaran, 7) evaluasi, dan 8) refleksi. Implementasi pembelajaran berorientasi HOTS dan kreativitas berdampak pada tumbuhnya kemampuan kreativitas siswa dalam menemukan pengetahuannya sendiri, berpikir kritis dalam pembelajaran, dan dapat memecahkan masalah yang dihadapi.
Downloads
References
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas I.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(5), 549–561.
Nisa, A. F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif SD Inovasi Pendidikan di Era Milenial Inovasi Pendidikan di Era Milenial. 5–11.
Nisa, A. F., Oktarina, E., Saputra, W. D., Qomah, I., Fajarudin, F. E., Suharyanto, A. M., Santoso, A., & Kholisoh, S. (2022). Inovasi Pembelajaran IPA SD Terintegrasi Ajaran Tamansiswa. Nuta Media.
Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897
Nurmawati, A. D., Nisa, A. F., Rosianawati, A., Artopo, B., Ashar, R., Erva, L., & Bestiana, N. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa “Tri Nga” Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1366–1372. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11832
Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-ruzz Media.
Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. PT Bumi Aksara.
Santrock, J. W. (2013). Psikologi Pendidikan Education Psychology. Salemba.
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Smile’s Publishing.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi revi). Rineka Cipta.
Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak : Disertai langkah pengembangan program kegiatan bermain di kelompok bermain, Taman kanak-kanak dan pos PAUD. Indeks.
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). To improve learning achievement. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161–171.