Peningkatan Kepekaan Pada Korban Bullying Di Lingkungan Pendidikan
Abstract
Masalah bullying masih sering terjadi di lingkungan pendidikan yang menjadikan siswa merasa terganggu serta ketakutan apabila terkena dampak kegiatan pembulian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena bullying yang terjadi di lingkungan Pendidikan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif serta didukung dengan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi bullying bisa dilakukan dan diterima oleh siapa saja. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Potensi bullying akan lebih besar diterima oleh orang-orang yang dianggap lemah dan berbeda. Dampak bullying menyasar pada kesehatan, terlebih pada kesehatan mental. Sebagai bentuk peningkatan kepekaan pada korban bullying, pendidikan formal tidak dapat berdiri sendiri, harus dilengkapi dengan pendidikan nonformal maupun informal.
Downloads
References
Astuti, P.R. (2008). Meredam bullying. 3 cara efektif mengatasi kekerasan pada anak. Gramedia Widiaswara Indonesia: Jakarta.
Ariesto, A. (2009). Pelaksanaan Program Antibullying Teacher Empowerment. Retrieved April, 2022, from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123656-SK%20006%2009%20Ari%20p%20-%20Pelaksanaan%20programLiteratur.pdf
Coloroso, B. (2007). The Bully, The Bullied, and The Bystander. New York: HarperCollins.
Beane, A. L. 2008. Protect Your Child From Bullying. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Hall, C. S., & Lindzey, G., (1993). Teori- teori psikodinamik. Terjemahan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Hidayati, A. S. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying Di Kalangan Peserta Didik Era Milenial . 1-4.
Laila, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Bullying Bagi Siswa. Skripsi, 4-6.
Rakhmawati, D. (2019, November 28). Pengaruh Bullying Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Di Sd Negeri 08 Mulyoharjo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Retrieved from UNNES Repository: http://lib.unnes.ac.id/33405/#:~:text=Pengaruh%20yang%20ditimbulkan%20oleh%20bullying,jika%20anak%20tersebut%20sebagai%20korban.
Usman, I. (2013). Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya,Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying. Humanitas Indonesian Psychological JournaL, 52-54.
Wharton, Steve. Terjemah How To Stop Bully. Yogyakarta: Kanisius. 2009