Pemahaman dan Kesadaran Keselamatan Kerja Laboratorium IPA Siswa SMP
Abstract
Pedoman laboratorium tidak hanya memberi siswa pengalaman praktis tetapi juga membantu siswa untuk mengidentifikasi bahan berbahaya dan keselamatan kerja di laboratorium. Penelitian ini bertujuan mengetahui pemahaman dan kesadaran keselamatan kerja di laboratorium siswa SMP. Kuesioner survei diberikan kepada 191 siswa kelas IX SMP yang telah memperoleh materi keselamatan kerja di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami miskonsepsi tentang definisi tanda bahaya bahan-bahan di laboratorium. Selain itu, sebagian besar siswa juga memiliki kesadaran keselamatan kerja yang rendah di laboratorium sekolah. Hasil wawancara menyatakan bahwa siswa tidak memperhatikan tanda keselamatan yang ada pada label kemasan bahan selama melakukan percobaan. Hasil penelitian juga memberikan informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di laboratorium, khususnya dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang cara penggunaan, penyimpanan, dan pembuangan yang tepat bahan-bahan di laboratorium.
Downloads
References
ACS Committee on Chemical Safety. (2017). Safety in Academic Laboratories: Best Practices for First- and Second-Year University Students. Washington, DC: American Chemical Society.
Alaimo, P. J., Langenhan, J. M., & Tanner, M. J. (2010). Safety teams: An approach to engage students in laboratory safety. Journal of Chemical Education, 87(8), 856–861. doi: 10.1021/ed100207d
ACS Committee on Chemical Safety. (2017). Safety in Academic Laboratories: Best Practices for First- and Second-Year University Students. Washington, DC: American Chemical Society.
Alaimo, P. J., Langenhan, J. M., & Tanner, M. J. (2010). Safety teams: An approach to engage students in laboratory safety. Journal of Chemical Education, 87(8), 856–861. doi: 10.1021/ed100207d
Alatas, F., & Fauziah, L. (2020). Model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada konsep pemanasan global. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 102. doi: 10.31331/jipva.v4i2.862
Ali, N. L., Goh, C. T., Zakaria, S. Z. S., Halim, S. A., Mokhtar, M. Bin, Ern, L. K., & Alam, L. (2018). Assessing Awareness on Laboratory Safety: A Case Study in Pahang, Malaysia. Jurnal Pendidikan Malaysia, 43(02), 73–80. doi: 10.17576/jpen-2018-43.02-07
Ali, N. L., Goh, C. T., Zakaria, S. Z. S., Mokhtar, M. Bin, & Halim, S. A. (2014). Pembangunan satu pendekatan bagi memperkasakan Sistem Keselamatan Makmal Sains Sekolah di Malaysia. Jurnal Pendidikan Malaysia, 39(2), 153–160.
Artdej, R. (2012). Investigating Undergraduate Students’ Scientific Understanding of Laboratory Safety. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(2012), 5058–5062. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.385
Bao, L., & Koenig, K. (2019). Physics education research for 21st century learning. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–12. doi: 10.1186/s43031-019-0007-8
Erna Muliastrini, N. K., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 254. doi: 10.23887/jisd.v3i3.14116
Eyler, J. (2009). The Power of Experiential Education. Liberal Education, 95(4), 24–31. Opgehaal van https://www.aacu.org/publications-research/periodicals/power-experiential-education
Fagihi, Y. A. (2018). The Level of Awareness of Safety Measures Practiced in School Laboratories among Pre-Service Science Teachers at Najran University. Journal of Educational Issues, 4(1), 107. doi: 10.5296/jei.v4i1.12908
Frazier, W., & Sterling, D. (2005). What Should My Science Classroom Rules Be and How Can I Get My Students to Follow Them? The Clearing House, 79(1), 31–35. doi: 10.3200/TCHS.79.1.31-35
Freeman, N. T., & Whitehead, J. (1984). Introduction to safety in the chemical laboratory. London: Academic Press.
Friska, Kartikasari, F. D., & Lisana. (2017). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran tentang Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia untuk Siswa SMA. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1533–1543.
Hanson, R., & Acquah, S. (2014). Enhancing concept understanding through the use of micro chemistry equipment and collaborative activities. Journal of Education and Practice, 5(12), 120–130.
Juriah, J., & Zulfiani, Z. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Upaya Pelestarian. Edusains, 11(1), 1–11. doi: 10.15408/es.v11i1.6394
Koroye, T. (2016). the Influence of School Physical Environment on Secondary School Students’ Academic Performance in Bayelsa State. Asian Journal of Educational Research, 4(2), 1–15.
Kotkas, T., Holbrook, J., & Rannikmäe, M. (2016). Identifying Characteristics of Science Teaching/Learning Materials Promoting Students’ Intrinsic Relevance. Science Education International, 27(2), 194–216.
Ménard, A. D., & Trant, J. F. (2020). A review and critique of academic lab safety research. Nature Chemistry, 12(1), 17–25. doi: 10.1038/s41557-019-0375-x
Mutmainah, M., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2019). Kontrol gruplu yarı deneysel metod. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 57. doi: 10.11591/ijere.v8.i1.pp57-63
Permana, A. C. (2022). Lab Kit Development To Improve Student’s Attitudes and Achievements in Distance Learning. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 1–12.
Permana, A. C., Santoso, N. B., & Sumarni, W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran 5E Learning Cycle Berbantuan MuTerhadapa Hasil Belajar. Chemistry in Education, 4(2252), 39–45.
Putri, A., Suciati, & Ramli, M. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA N 1 Cepogo. Biopedagogi, 3 (2)(2009), 81–94.
Safitri, A. N., Subiki, & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22–29. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7221
Sangi, M. S., & Tanauma, A. (2018). Keselamatan Dan Keamanan Laboratorium IPA. Jurnal MIPA Unsrat Online, 7(1), 20. doi: 10.35799/jm.7.1.2018.18958
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Jurnal inovasi pendidikan ipa. Jurnal Inovasi Pendidika IPA, 1(2), 153–166.
Sunardiyo, S. (2014). Laboratorium Rekayasa di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang dan Faktor- Faktor Dominan Yang Mempengaruhinya. Ivotec, X(2), 121–130.
Walters, A. U. C., Lawrence, W., & Jalsa, N. K. (2017). Chemical laboratory safety awareness, attitudes and practices of tertiary students. Safety Science, 96(2017), 161–171. doi: 10.1016/j.ssci.2017.03.017