Optimalisasi Hasil Belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Melalui Model Learning Cycle 5E pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mardiharjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam) melalui model Learning Cycle 5E pada siswa kelas IV
SD Negeri Mardiharjo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian
tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2
siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap Perencanaan,
pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri Mardihajo yang berjumlah 30 orang. Instrumen
yang digunakan terdiri dari lembar observasi siswa dan pengamatan afektif.
Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase
ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus 1
diperoleh nilai rata-rata skor aktivitas siswa sebesar 39 dan berada pada
kategori cukup dan pada siklus 2 terdapat peningkatan skor aktivitas siswa
yaitu 50,5 dan berada pada kategori baik. Hasil analisis ketuntasan belajar
klasikal pada siklus 1 sebesar 66,66% dengan nilai rata-rata 68,66 pada
siklus 2 meningkat menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata meningkat
menjadi 81. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan
bahwa optimalisasi hasil belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
menggunakan model Learning Cycle 5E pada siswa kelas IV SD Negeri
Mardiharjo.








