Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Wakah
Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika merupakan
masalah yang sering muncul dalam pembelajaran matematika.Hal ini
dikarenakan model pembelajaran yang sering digunakan masih cenderung
monoton dan belum sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pembelajaran dengan
model koopertaif tipe TPS melalui tiga tahapan utama, yaitu tahap pertama
thinking (berfikir), tahap kedua pairing (berpasangan), dan tahap ketiga shareing
(berbagi). Model pembelajaran kooperatif tipe TPS menuntut siswa untuk lebih
aktif dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan juga pasangannya selama
proses belajar mengajar berlangsung. Dengan model pembelajaran ini
diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan penyerapan siswa tentang
konsep matematika, sehingga materi yang disampaikan dapat dikuasai siswa
dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi
belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
TPS pada siswa kelas IV SDN Wakah 1 Kecamatan Ngrambe tahun pelajaran
2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan desain penelitian eksperimen tipe semu. Subyek dari penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN Wakah 1 yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 8
siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara menggunakan tes formatif. Tes formatif dilaksanakan pada akhir
pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika
siswa.Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis data
statistik dengan rumus uji t (uji t).
Hasil dari penelitian menunjukan perbedaan yang signifikan dengan nilai
thitung =2,2994 dan ttabel=1,7011 untuk db 28 dan taraf signifikansi 0,05.
Nilai rata-rata siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
TPS 81,33. Sedangkan nilai rata-rata siswa sebelum diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS 73.Dengan demikian, penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas IV SDN Wakah 1 Kecamatan Ngrambe tahun pelajaran
2017/2018.








