Program Pendidikan untuk Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak di TK PGRI I Jogorogo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pendidikan di TK PGRI I Jogorogo
yang berupa mengembangkan kecerdasan jamak anak. Model penelitian kualitatif
fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan
studi dokumentasi oleh Moleong (2004). Wawancara dilakukan dengan teknik ‘fokus
group interview” dengan para guru dan kepala sekolah. Pengamatan dilakukan dengan
mengamati proses pembelajaran dan evaluasi dalam kelas. Sedangkan pengkajian konten
dilakukan dengan menganalisis pengembangan kecerdasan jamak dalam kurikulum.
untuk memperoleh data yang pasti (valid) pengumpulan data dilakukan dengan teknik
triangulasi yaitu dengan menggunakan berbagai sumber dan teknik pengumpulan data.
Studi dokumentasi dilakukan untuk mempelajari dan mengumpulkan data dari
dokumentasi yang berhubungan dengan sub-fokus penelitian yaitu kurikulum, bahan
belajar dan sumber belajar lainnya. Kurikulum 2013 untuk Taman kanak-kanak
danRaudhatul Afthal merupakan sumber utama analisis konten. Sumber lain adalah bahan
ajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa program pendidikan untuk mengembangkan kecerdasan jamak
sudah diaplikasikan dalam pembelajaran sehari-hari serta telah melengkapi dan
mendukung potensi yang sudah tersedia termasuk mengadakan pelatihan, melengkapi
fasilitas pembelajaran dan menata sentra belajar yang sekarang sedang berjalan.
Disarankan agar Para guru dan tenaga kependidikan lainnya di TK harus terus
mengimplementasikan pengembangan kecerdasan jamak yang sudah dimulai sambil terus
belajar memperbaiki dari tanpa harus menunggu instruksi dari pemerintah khususnya dari
kementrian pendidikan dan kebudayaan dalam direktur jenderal Pendidikan Anak Usia
Dini dan Pendidikan Masyarakat.








