Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Guru Bahasa Inggris Melalui Supervisi Kelas di SMP Binaan Kabupaten Kampar
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untukmeningkatkan kegiatan pembelajaran
guru-guru Bahasa Inggris melalui supervisi kelas. Tempat Penelitian tindakan ini
adalah SMP Negeri 3 Tapung Hilir Jl. Dt Penghulu Besar No 125 Kota Garo
Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dan SMP Negeri Satu Atap Koto
Perambahan Jl.Pekanbaru Bangkinang KM 36 Desa Koto Perambahan Kecamatan
Kampar Provinsi Riau,kedua sekolah tersebut merupakan SMP binaan saya sebagai
pengawas sekolah di Kabupaten Kampar.Waktu Penelitian dimulai bulan September
sampai dengan Nopember 2017.Subjek Penelitian adalah guru-guru Bahasa Inggris
di SMP Negeri 3 Tapung Hilir dan SMP Negeri Satu Atap Koto Perambahan. Data
dari observasi dan catatan lapangan dianalisis secara deskriptif komparatif dengan
menggunakan teknik persentase yaitu mengemukakan fakta-fakta dan temuantemuan
yang terjadi selama penelitian berlangsung dan membandingkan tingkat
kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran antar siklus maupun
dengan asumsi keberhasilan.Kegiatan pembelajaran guru-guru mata pelajaran Bahasa
Inggris dinyatakan berhasil apabila indicator kinerja mendapat skor 49 s.d 72 dan
prosentase 77% s.d 100% dengan kategori amat baik.Prosedur penelitian berdasarkan
pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang mencakup kegiatan sebagai berikut :
(1) perencanaan (planning) ,(2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi
(observation) , (4) refleksi (reflection) atau evaluasi.Keempat kegiatan ini dilakukan
berulang-ulang dalam siklus. Hasil Penelitian guru-guru Bahasa Inggris di SMP
binaan peneliti pada pra siklus mendapat skor/prosentase 21/49%, 21/49%, 22/50%,
22/50% dari 4 guru dalam kegiatan belajar mengajar mendapat kriteria cukup.Pada
siklus I mendapat skor/prosentase 44/72%, 45/73%, 44/72%, 43/71% dari 4 guru
dalam kegiatan belajar mengajar mendapat kriteria baik. Pada siklus II mendapat
skor/prosentase 66/94%,67/95%, 67/95%, 66/94% dari 4 guru tersebut mendapat
kriteria amat baik. Dengan simpulan bahwa supervise kelas dapat meningkatkan
kegiatan pembelajaran guru-guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Tapung Hilir dan
SMP Negeri Satu Atap Koto Perambahan.








