Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Puzzles Picture Game

  • Jul Trisadnaweka SMP Negeri 4 Ngawi
Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Puzzles Picture Game

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA Melalui
Permainan Puzzles Pictured Game.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas
VII H SMP Negeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi dengan jumlah siswa 28 orang
terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Data yang
diperoleh dianalisis dan dideskripsikan sesuai permasalahan yang ada dalam bentuk
laporan hasil penelitian. Rancangan pembelajaran interaktif dan pemberian tugas
kerja kelompok dilakukan validasi oleh guru.Prosedur penelitian ini dilakukan
melalui empat langkah dalam setiap siklus penelitian, yaitu perencanaan (planing),
tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection) serta indikator
kerja.Siklus kedua dilakukan mengacu pada siklus sebelumnya dengan
menyempurnakan segala kekurangan yang ada pada siklus pertama tersebut.Hasil
Penelitian pra siklus skor tercapai 67%.nilai terendah 48,nilai tertinggi 76,rentang
persen 6% tuntas 3,tidak tuntas 25.Siklus I skor tercapai 73%.nilai terendah 55,nilai
tertinggi 81,rentang persen 9% tuntas 12,tidak tuntas 16.siklus II skor tercapai
82%.nilai terendah 62,nilai tertinggi 96,rentang persen 18% tuntas 22,tidak tuntas 6
siswa.Kesimpulan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada Kelas VII H
Semester II SMP Negeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi adalah
Pembelajaran melalui Permainan Puzzles Pictured Game dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Section
Articles