Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Supervisi Kelas
Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui kompetensi guru Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 4 Tapung melalui supervisi kelas. Tempat
Penelitian di SMP Negeri 4 Tapung Jl. Sekolah No. 01 Pantai Cermin, Kabupaten
Kampar.Dimulai bulan September sampai dengan Nopember 2017.Subjek Penelitian
ini adalah Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas VIII.2 SMP Negeri 4
Tapung. Analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif yang bertujuan untuk
membandingkan kondisi sebelum dan sesudah diadakan tindakan perbaikan
pembelajaran.Tahapan dalam tindakan menganalisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sesuai dengan rancangan penelitian maka
prosedur penelitian ini melalui 2 siklus, sebagaimana dijelaskan berikut ini :1. Tahap
Perencanaan (Planning),2. Tahap Pelakasanaan (Acting),3. Tahap Pengamatan
(Observing),4. Tahap Refleksi (reflecting).Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat supervise kelas pada guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
(PKn) diperoleh pada Pra siklus mendapat nilai rata-rata 30 (prosentase 50%) kriteria
Cukup,siklus I mendapat nilai rata-rata 55 (prosentase75%) criteria baik,siklus II
meningkat menjadi 75 (prosentase 95%) kriteria sangat baik,siklus II sudah mencapai
indikator yang diharapkan.Dalam hasil penelitian yang telah dilakukan ini
disimpulkan bahwa kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dengan nilai
rata-rata pra siklus yaitu sebesar 30 (prosentase 50%) kriteria Cukup dan untuk
siklus I sebesar 55 (prosentase 75%) criteria baik. Dan siklus II sebesar 75
(prosentase 95%) kriteria sangat baik.Dengan demikian Supervisi kelas dapat
meningkatkan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar.








