Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Mind Mapping dalam Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD

  • Fajar Budiyono STKIP PGRI Sumenep
Keywords: Pengembangan Perangkat, RPP, LKS, Problem Based Learning, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan hasil pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning dengan
metode mind mapping dalam mata pelajaran IPS serta untuk mengetahui hasil
kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan
pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Akan tetapi,
dalam tahapan penelitian pengembangan ini telah dilakukan penyederhanaan menjadi
tiga tahap, yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
Pangarangan Sumenep dan SDK Sang Timur Sumenep dengan menggunakan desain uji
coba Nonequivalent Control Group Design). Data dikumpulkan melalui lembar validasi
perangkat, lembar pengamatan, angket respon siswa, lembar tes tulis yang mengacu pada
indikator berpikir kreatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil produk perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dalam penelitian ini berupa RPP, LKS dan Tes Kemampuan Berpikir
Kreatif dikategorikan valid (2) kepraktisan produk perangkat pembelajaran telah tercapai
melalui analisis keterlaksanaan RPP berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh
dua pengamat terhadap keterlaksanaan RPP dari pembelajaran dengan perolehan skor
rata-rata adalah 3.95 (3) Produk perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria
keefektifan ditinjau dari aktivitas dan respon siswa. Frekuensi aktivitas siswa
dikatagorikan baik dengan ketercapaian 80.42% dan 85% serta hasil analisis respon
siswa terhadap pembelajaran menunjukkan 100% dari kategori respon favorable dan
92% dari kategori respon unfavorable. (4) berdasarkan hasil uji coba produk diperoleh
signifikansi 0.000 lebih kecil daripada alpha 0.05, maka hipotesis ”terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kreatif”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-17
Section
Articles