Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh constructive play
terhadap kemampuan pengenalan geometri anak Taman Kanak-kanak
kelompok B. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi
dalam penelitian ini semua kelompok B TK Dharma Wanita di Desa
Purwosari Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelompok B TK Dharma Wanita 1 Purwosari
dan kelompok B TK Dharma Wanita 2 Purwosari. Teknik pengambilan
sample penelitian menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dengan
menggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji paired
sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 for
windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
kegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri pada
anak TK kelompok B, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test
kelompok kontrol sebesar -3,398 ≤ t tabel sebesar 1,761, pada kelompok
eksperimen diperoleh t hitung sebesar -17,207 ≤ t tabel sebesar 1,740, dan
pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -18,529 ≤ t tabel
sebesar 1,697.








