Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru-guru Matematika dalam Proses Pembelajaran

  • Ali Usman SMP Negeri 3 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Keywords: Kinerja Guru, Pembelajaran, Supervisi Akademik

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran di SMP
Negeri 3 Tambang melalui supervisi akademik. Tempat Penelitian ini adalah SMP
Negeri 3 Tambang Alamat : Jl. Tuanku Tambusai No. 30 Desa Kualu,Kecamatan
Tambang Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.Waktu Penelitian dimulai bulan
September sampai dengan Nopember 2017.Subjek Penelitian ini adalah lima (5)
orang guru Matematika SMP Negeri 3 Tambang.Analisis data yang digunakan hasil
prosentase yang didapat tentang Analisis penerapan Supervisi Akademik dalam
meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Tambang.Prosedur
penelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang mencakup
kegiatan sebagai berikut : (1) perencanaan (planning) , (2) pelaksanaan tindakan
(action), 3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection) atau evaluasi. Keempat
kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Hasil penelitian Pra
Siklus dengan jumlah nilai 21, rata-rata prosentase 49% kualitas nilai Cukup. Siklus I
dengan jumlah nilai 44,rata-rata prosentase 72% kualitas nilai Cukup.Siklus II
jumlah nilai 67,rata-rata prosentase 95% kualitas nilai Baik. Dengan Kesimpulan
kinerja guru dalam proses pembelajaran diSMP Negeri 3 Tambang Desa Kualu
Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, dengan berbagai tahapan supervisi
akademik ternyata mampu mengenai permasalahan kinerja guru dalam proses
pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-17
Section
Articles