Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan

  • Zilmawati SDN 01 Penarik Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu
Keywords: Bimbingan Berkelanjutan, Kompetensi Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru
dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) Kurikulum 2013 melalui
bimbingan berkelanjutan di Sekolah Dasar Negeri 01 Penarik.Penelitian Tindakan
Sekolah dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 01 Penarik, Jln. Raya Penarik Desa
Penarik, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko. Penelitian Tindakan Sekolah
(PTS) ini dilaksanakan pada semester satu tahun 2017 mulai September sampai
dengan Nopember 2017. Yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan ini adalah
delapan guru kelas IA dan IB; IIA dan II B; IVA dan IVB; Va dan VB (kelas tersebut
sudah menggunakan Kurikulum 2013) di Sekolah Dasar Negeri 01 Penarik Kecamatan
Penarik, Kabupaten Mukomuko.Teknik analisis data yang dilakukan ini menggunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode siklus dengan dua siklus.
Masing-masing siklus dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru
dalammenyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya data awal
dibandingkan dengan hasil siklus satu, kemudian dievaluasi, direfleksi untuk melangkah
pada siklus selanjutnya hingga mendapat hasil maksimal.Prosedur penelitian ini
dilakukan dengan memberikan tindakan berupa: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan, dan (4) refleksi. Keempat kegiatan tersebut saling terkait dan secara urut
membentuk sebuah siklus.Hasil penelitian tindakan ini pada pra siklus nilai rata-rata
komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 77% dan pada siklus I nilai ratarata
89% dan siklus II nilai rata-rata 97% .Nilai rata-rata terjadi peningkatan 20% dari
pra siklus. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bimbingan berkelanjutan dapat
meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) . Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan
bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dari siklus ke siklus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-09
Section
Articles