Penerapan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle pada Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 1 Pacitan

  • Andy Widhiya Bayu Utomo STKIP Modern Ngawi
Keywords: hasil belajar, lompat tinggi gaya straddle, alat bantu pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya
straddle dengan penerapan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas X 1 SMA
Negeri 1 PACITAN tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas
(classroom action research). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X 1 SMA Negeri 1 PACITAN tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah
20 siswa terdiri dari 7 siswa putra dan 13 siswa putri. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan tes unjuk kerja lompat tinggi gaya straddle
dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
secara deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi
studi awal, siklus I dan siklus II dengan prosentase.
Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, dari hasil tes
unjuk kerja dari kondisi awal, dari 20 siswa hanya 6 siswa atau 30,00% yang
tuntas dan meningkat pada siklus I menjadi 12 siswa atau 60,00% tuntas dan
pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 85,00% tuntas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan alat bantu
pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada
siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 PACITAN Tahun Pelajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-09
Section
Articles