Peningkatan Kompetensi Guru Merumuskan Silabus Melalui Supervisi Terjadwal

  • Suharwinnoto Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olah Raga Kabupaten Kampar
Keywords: Kompetensi guru, silabus, supervisi terjadwal

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah: 1) meningkatkan kompetensi guru
SMP Negeri 3 Tambang dalam merumuskan silabus. 2) melaksanakan supervisi
seoptimal mungkin dengan supervisi terjadwal, sehingga pembinaan yang
berkelanjutan, terprogram atau secara terus menerus dan intensif agar berdampak
pada peningkatan kompetensi guru dalam merumuskan silabus. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kepengawasan yang dilaksanakan melalui refleksi secara
berulang mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi/evaluasi,
perencanaan tindakan selanjutnya, dan seterusnya sampai pada indikator
keberhasilan tercapai. Subyek penelitian ini adalah 20 (dua puluh) orang guru mata
pelajaran ujian nasional di SMP Negeri 3 Tambang, hal ini disebabkan karena
peneliti bertugas sebagai pengawas pembina, pada sekolah tersebut yang
berkewajiban membina dan mengembangkan kualitas kompetensi guru. Hasil
penelitian pada pra siklus dari 20 orang rata-rata 55% dengan kategori cukup.
Siklus 1 setelah supervisi pertama dari 20 orang rata-rata 75% dengan kategori baik
tetapi masih belum sesuai indikator yang dicapai yaitu 82%-100%. Siklus 2 setelah
supervisi kedua dari 20 orang rata-rata 93% dengan kategori sangat baik, prosentase
ini sudah mencapai indikator yang diharapkan. Dengan supervisi terjadwal dapat
meningkatkan kompetensi guru dalam merumuskan silabus pada pengawasan SMP
Negeri 3 Tambang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-09
Section
Articles