Penerapan Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

  • Sri Muryani SMP Negeri 4 Ngawi
Keywords: hasil belajar IPS, model pembelajaran resiprokal

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan
penerapan model pembelajaran resiprokal di kelas IX E SMP Negeri 4 Ngawi
semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017. Setting penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Subyek penelitian siswa
kelas IX E SMP Negeri 4 Ngawi dengan jumlah 36 siswa terdiri dari 16 orang lakilaki
dan 19 orang perempuan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas, analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah: a)
Analisis kuantitatif, b) Analisis kualitatif. Analisis digunakan terhadap data hasil
penelitian tahap pra siklus, siklus pertama, dan siklus ke dua. Teknik analisis
dilakukan dengan membandingkan seberapa besar selisih nilai yang diperoleh siswa
dalam mengikuti ulangan harian siswa selama proses pembelajaran pada setiap
tahap. Hasil pembelajaran kondisi awal IPS Kompetensi Dasar mendeskripsikan
ciri-ciri negara berkembang dan negara maju adalah 19% siswa tuntas, kemudian
setelah diterapkan model pembelajaran resiprokal diperoleh rata-rata klasikal dari
pra siklus dari 19% pada siklus I meningkat menjadi 64%, siklus II meningkat
drastis menjadi 94%. Karena dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar
siswa, maka peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran resiprokal sangat
cocok digunakan dalam pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-09
Section
Articles