Peningkatan Kinerja Guru Matematika Dengan Model Group Investigation Melalui Supervisi Akademik

  • Moch.Darorul Munir SMP Negeri 4 Ngawi
Keywords: Kinerja Guru, Model Group Investigation, Supervisi Akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Kinerja Guru melalui
supervisi akademik, mengetahui peningkatan Kinerja guru dengan model Group
Investigation dan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model Group
Investigation di SMP Negeri 4 Ngawi. Penelitian ini bertempat di kelas 7G SMP
Negeri 4 Ngawi. Subyek Penelitian Guru matematika. Waktu Penelitian bulan
September-Nopember 2017. Prosedur penelitian tindakan sekolah, menggunakan
model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997),
berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus
meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan
reflection (refleksi). Untuk menganalisis tingkat keberhasilan atau persentase guru
dan siswa setelah proses belajar mengajar. Hasil penelitian kinerja guru pra siklus
47%, siklus I 72% dan siklus II mendapat 96%. Hasil belajar siswa pra siklus
68%, siklus I 73%,siklus II 83%,dengan model pembelajaran Group Investigation
guru dan siswa menjadi termotivasi untuk meningkatkan kemampuan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-09
Section
Articles