Pengaruh Bahasa Sederhana Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Anak Kelompok B TK Harapan Bangsa Kec. Glenmore Kab. Banyuwangi

  • Firman Ashadi IKIP PGRI Jember
Keywords: Perkembangan Bahasa, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Pendidikan di TK pada dasarnya adalah pembelajaran yang sederhana dan kongkrit
serta anak akan mendapatkan pengalaman secara langsung. Salah satu dari
perkembangan anak usia dini yang mempengaruhi hasil belajar adalah kegiatan
pengembangan bahasa. Setiap kehidupan anak usia dini, selalu mengalami kesulitan
akan bahasa yang mereka gunakan. Karena setiap bahasa yang keluar dari mulut
mereka, belum tentu mereka mengerti akan artinya. Khususnya di TK pembelajaran
bahasa yang sederhana ini memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan
kognitif anak.
Penelitian ini diklarifikasikan sebagai corelasional reseach. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh siwa kelompok B sejumlah 25 anak. Hasil analisis data maka diperoleh
hasil data sebesar 9,22. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja
diterima yang berarti ada Pengaruh Pengaruh Pengembangan Bahasa Sederhana
Terhadap Hasil Belajar Kogniif Siswa Kelompok B TK Harapan Bangsa kec. Glenmore
kab. Banyuwangi. Jika dilihat dari nilai signifikan sebesar 5 persen (3,84), sedangkan
nilai analisa 9,22, dapat diyakini bahwa pengaruh antara pembelajaran dengan
kemampuan kognitif kuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-09
Section
Articles