Efektivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas I SD Negeri 4 Barenglor

  • Sri Suwartini PGSD Universitas Widya Dharma Klaten
Keywords: Efektifitas, Ekspositori, Prestasi Belajar

Abstract

Metode Ekspositori adalah metode pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Subyek penelitian adalah 48 siswa kelas I  semester II SD Negeri 4 Bareng Lor Tahun Akademik 2017/2018. Hasil penelitian menggambarkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru hanya terpusat pada salah satu metode pembelajaran. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang efektif yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga akan termotivasi dengan metode pembelajaran tersebut

Berdasarkan hasil  analisis data diperoleh  perbedaan yang berarti antara prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dengan metode pembelajaran lain. Hal ini dapat dilihat dari uji independensi yang menunjukkan hasil signifikansi kurang dari 0,05 (sig < 0,05).

Kemudian dilihat dari reratanya, pembelajaran dengan mengacu pembelajaran ekspositori  dapat diperoleh prestasi belajar  (yaitu 46) menghasilkan rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode  pembelajaran lain (yaitu 44).  Jadi kesimpulannya adalah  model pembelajaran ekspositori adalah pembelajaran  yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-24
Section
Articles