Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD

  • Nela Rofisian PGSD Universitas Widya Dharma Klaten
  • Ummu Hany Almasitoh PGSD Universitas Widya Dharma Klaten
Keywords: Hasil Belajar, Metode Mind Mapping

Abstract

Mind mappingmengembangkan  tingkatkeaktifan, kreatifitas, daya ingat, kemandirian danpengetahuansiswasesuaidengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mind Mapping dapat membuat hasil belajar meningkat dan keaktifan siswa di kelas V SDN Sribit dalam pembelajaran IPS, dibuktikan dengan meningkatnyahasil belajar siswa berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥50%  dari jumlah seluruh siswa kelas V mencapai nilai KKM 75. Pada kondisi awal (Pra Siklus) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN Sribit sebesar 68,30atau sebesar 26,92%. Hasil belajar siswa yang rendah terlihat dari proses pembelajaran yang didominasi oleh guru,siswa terbiasa duduk mendengarkan penjelasan guru sehingga permasalahan tersebut menyebabkan siswa kurang akif dalam pembelajaran, menurunnya semangat belajar siswa. Dengan adanya perbaikanpada siklus 1 rata-rata hasil  belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 72,46 danketuntasan belajar siswa mencapai 46,15%.Selanjutnya pada siklus 2 hasil  belajar siswa mengalami peningkatansebesar 77,23 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 76,92%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-24
Section
Articles