Memaksimalkan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualy untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Siswa Kelas V SDN Kraton 2 Maospati

  • Sutatik SD Negeri Kraton 2 Maospati Kabupaten Magetan
Keywords: Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Kelas V, Hasil Belajar, Team Assisted Individualy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar, aktivitas Siswa, dan respon Siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipeTeam Assisted Individualy.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V SDN Kraton 2 Kabupaten Magetan Semester 1 pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menggunakan metode pembelajaran Team Assisted Individualy. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Desain penelitian dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah lebih dari 75% Siswa yang seharusnya tuntas KKM. Berdasarkan data penelitian terlihat bahwa pada prasiklus terdapat 52,9% (18) Siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 70,6% (24) Siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus II terdapat 82,4% (28) Siswa tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 82,4% Siswa tuntas KKM atau lebih dari 75% Siswa tuntas KKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-24
Section
Articles